Pulau Toran di Pantai Barat Sumatra


Jalan-jalan ke Sumatra Barat daerah yang menjadi sumber dari "nasi padang". Kalau sudah kesini sekalian berkunjung juga ke Pulau Toran yang mempunyai luas wilayah 13 ha, jarak pulau ini dengan pelabuhan Muaro kira-kira 18 Km, pencapaian memerlukan waktu 30 menit dari Kota Padang untuk mencapainya, atau 20 menit dari Pulau Sibunta dengan mengunakan mesin 2 x 85 PK.

Pulau Toran di Sumatra Barat
Pulau Toran di Sumatra Barat dengan p asir yang putih bersih
Dalam perjalanan ini kita akan menyaksikan hamparan laut biru nan luas Lautan Samudra Hindia menjadi sensasi sendiri dalam sebuah perjalanan wisata. Di sepanjang pantai itu kita akan melihat nyiur melambai pohon-pohon kelapa. Mungkin dari banyaknya pohon kelapa inilah yang menjadi sumber inspirasi munculnya menu rendang padang yang terkenal nikmat.

Sepanjang pantai Sumatara  terlihat ombak-ombak yang lebih tinggi dan berdebur lebih keras dipantai-pantai yang lebih curam dengan dinding-dinding karang yang  terjal. Ternyata diseberang sana ada Pulau Toran yang memiliki pantai yang landai dengan pasir putih yang menjadi incaran wisatawan pantai.

Pantai dan laut selalu menjadi objek wisata yang paling manarik dan penuh sensasi. Kita bisa sekedar bersantai di pantai atau juga ikut berenang. Dengan air yang sangat bening dan kita bisa melihat dasarnya dengan sangat jelas. Kalau beruntung kita juga bisa melihat ikan warna warni yang berenang disekitar kita.

Pulau Toran adalah salah satu dari sekian pulau yang biasa menjadi destinasi wisata di Sumatra Barat. Pulau lain seperti Pulau Pagang, Pulau Mandeh, Pulau Sirandah dan Pulu Pasumpahan.

Pulau ini memiliki pantai yang landai di sebelah selatan dan sebelah utaranya lebih didominasi oleh vegetasi hutan yang sangat lebat dan ombak dari sebelah barat serta tenggara.

Dipantai ini banyak terlihat pohon kelapa yang menjadi ciri khas. Masyarakat lokal sering  menggunakan kelapa untuk dibuat menjadi kopra. Produksi kopra adalah penghasilan kedua setelah mereka mencari ikan.

Kondisi perairan seperti ini dapat dilakukan kegiatan wisata bahari antara lain: panorama alam, petualangan, berlayar, berenang, menyelam, memancing, camping, dan penelitian. Air disini sangat bening dan bersih bagi yang suka berenang atau menyelam silahkan coba saja datang kesini.

Bagi yang suka berphoto datanglah kemari pada waktu sore hari menjelang matahari terbenam, kesempatan untuk melihat indahnya matahari yang berada atas air.