Alangkah Bersihnya dan Landainya Pantai Burung Mandi, Belitong

Gunung Burung Mandi berada kira-kira 18 Km ke arah barat Kota Manggar, Belitong. Burung Mandi merupakan tujuan wisata utama bagi masyarakat Manggar dan sekitarnya.

Pantainya ini sangat landai dengan dataran pasir yang luar. Pasir yang putih berish terasa halus di kaki tidak terlalu banyak bercampur dengan karang-karang dan bebatuan granit.

Ombak kecil-kecil dengan tiupan angin yang sepoai-sepoi. Nyaris tidak ada bebatuan granit seperti pada umumnya pantai-pantai di Belitong.

Jarak dari hotel Lor In yang berada di Belitong sekitar 3,5 jam perjalanan dengan menggunakan perahu-perahu nelayan setempat.

Belitong dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih (Piper sp.) yang dalam bahasa setempat disebut sahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit.

Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar.