Wisata Gunung Galunggung dengan Pemandian Air Panas Berkhasiat

Anda mungkin akan terpana dengan salah satu keajaiban Gunung Galunggung, yaitu danau yang terdapat di dalam kawahnya. Uniknya, dari danau berair dingin itu tidak tercium bau belerang dan hal ini berbeda dengan gunung-gunung berapi lainnya di Indonesia. Pada saat cuaca yang cerah, Anda dapat menyaksikan keajaiban alam lainnya berupa sungai-sungai yang turun dari bukit Gunung Galunggung yang terlihat seolah-olah dari langit.

Kawah Gunung Galunggung di Jawa Barat
Kawah Gunung Galunggung di Jawa Barat

Gunung Galunggung adalah salah satu dari gunung berapi yang masih aktif dan menjadi bagian dari fire of ring yang berada dari timur Indonesia sampai dengan ujung barat Indonesia. Gunung Galunggung memiliki ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut.  Gunung ini posisinya sekitar 17 km dari Kota Tasikmalaya.  Tepatnya berada di lokasi koordinat : 7°15,693'S, 108°5,226'E Arah: 17 km ke barat Laut Kota Tasikmalaya, 100 km dari Bandung, dan 350 km dari Jakarta.

Tugu Spot Selfie Wisata Galunggung

Gunung yang  masih aktif ini pernah meletus beberapa kali yaitu pada tahun 1822, tahun 1894, tahun 1918 dan terakhir pada tahun 1982 yang dterjadi tepatnya pada tanggal 5 Mei 1982. Letusan disertai suara dentuman dan pijaran api.  Aktifitas vulkanik tersebut berlangsung selama 9 bulan yang kemudian berangsur normal sampai tanggal  8 Januari 1983.

Kawah Gunung Galunggung dari dekat

Bagi yang ingin mencapai puncak Gunung Galunggung dapat dicapai melalui Tasikmalaya menuju Indihiang atau Singaparna kearah Cipanas kemudian ke Cibukur dengan menggunakan kendaraan mobil atau motor.
Saat ini untuk mencapai puncak Galunggung sudah dibangun anak-anak tangga yang memiliki 620 anak tangga untuk mencapai posisi puncak gunung.  Luas area taman wisata Gunung Galunggung mencapai kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani.

Di lokasi wisata ini Anda juga bisa mandi air panas (Cipanas) yang mengandung belerang yang alami dengan luas pemandian kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (Cipanas). Bentuk pemandian ada yang masih dijaga alami tetapi juga ada yang sudah dalam bentuk fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas.

Air panah ini dapat menyembuhkan penyakit kulit dan gatal-gatal karena mengandung unsur belerang yang tinggi. Mandi dilokasi ini juga dapat meningkatkan kesegaran jasmani karena  uang air panas sangat baik untuk kesehatan dan membakar lemak.

Di samping itu, Anda juga dapat mendaki kawah Gunung Galunggung melalui “tangga 1000” dan “tangga biru” dan langsung turun ke bawah kawah untuk dapat melihat dari dekat danau dengan pulau kecil di tengah-tengannya.

Dengan keunikan dan keindahannya itu, berwisata di Gunung Galunggung akan menjadikan suatu pengalaman mengesankan bagi Anda dan keluarga. Menikmati lokasi alam yang alami, udara yang segar dan mandi dipemandian yang berkhasiat.