Ikuti Bandung Tour on Bus Bisa Keliling Pusat Kota Bandung


Ingin ikut keliling pusat Kota Bandung dengan mendapatkan informasi dari pemandu wisata? Yuk ikuti Bandung Tour on Bus yang dipusatkan di Alun-Alun Bandung. Moda yang disebut dengan istilah Bandros ini semakin diminati oleh warga Bandung dan juga wisatawan yang ingin melihat dan mendapatkan informasi sejarah Kota Bandung.

Bandros, Bandung Tour on Bus
Salah satu bus yang digunakan dalam Bandung Tour on Bus
Angkutan yang difungsikan untuk meningkatkan daya tarik wisata Bandung ini dimulai sejak tahun 2018, beroperasi setiap hari mulai jam 9.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB sore hari. Bus-bus Bandros ini dibagi dalam beberapa warna lain warna maka berbeda juga jalur yang dilaluinya. Bandros memiliki beberapa warna, yaitu; merah muda, biru, kuning, ungu, dan hijau. Satu Bandros berkapasitas 24 orang penumpang.

Untuk memulai perjalanan harus registrasi dulu di  shelter yang berada di tiga titik, yaitu di depan Museum Geologi,  di Taman Balai Kota Bandung; dan di Alun-alun Bandung sebelah Masjid Raya Bandung. Harga tiket untuk sekali rute dan per orang hanya Rp. 20.000,- saja. Cukup murah karena kita akan berkeliling Kota Bandung sesui rute plus informasi wisata yang menarik.
Bandros, Bandung Tour on Bus
Bandros, Bandung Tour on Bus di depan Musium Geologi

Kita akan berkeliling sesuai dengan rute yang ditentukan dan mendapatkan informasi dari guide wisata yang ikut naik di Bandros. Seorang guide akan menjelaskan berbagai hal terkait dengan objek-objek yang dilewati dari sisi sejarah dan informasi kekinian.

Bandros warna merah muda melalui jalur berikut ini; Dimulai dari Gasibu, kemudian ke Taman Pasupati atau Taman Jomblo, selanjutnya ke Teras Cikapayang sampai dengan Teras Cihampelas dan finis di Taman Budaya.

Bandros warna biru akan melakukan city tour dijalan-jalan sebagai berikut; Pertama bermula di Alun-Alun Bandung kemudian ke Cibaduyut, lanjut ke Taman Leuwi Panjang sampai Museum Sri Baduga, kemudian masuk ke Alun-alun Regol dan finis di Kawasan Buah Batu.

Bandros warna kuning Bandros menjalani rute pertama dari Lapangan Gasibu depan Gedung Sate kemudian ke Taman Cibeunying, terus ke Taman Superhero sampai ke Taman Foto, lanjut ke Gedung Merdeka dan Alun-alun Bandung dan akhirnya berhenti di Jalan Braga.

Bandros warna ungu melalui rute-rute sebagai berikut; pertama moda wisata Pemkot Bandung ini bermula di Gasibu depan Gedung Sate kemudain ke Taman Cikapayang, seterusnya ke Alun-alun Ujungberung sampai ke Museum Geologi dan berakhir di Pusdai.

Bandros warna hijau melalaui rute yang dimulai di  Chinatown, terus ke Pasir Kaliki, selanjutnya ke Alun-alun Cicendo, terus ke Karang Setra, ke Universitas Pendidikan Indonesia, dan akhirnya finis di GOR Padjadjaran.