Macam-Macam Paket Wisata Lampung Barat


Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu DaerahTujuan Wisata (DWT) di Propinsi Lampung. Ini dapat dilihat daribanyaknya wisatawan mancanegara maupun nusantara yang datang berkunjunguntuk menikmati berbagai objek wisata di Lampung Barat. Objek wisata diLampung Barat sangat lengkap mulai dari laut, danau, pegunungan, wisataalam dan juga wisata petualangan.

Untuk pengembangan pariwisata di Lampung Barat, Pemerintah Kabupatenterus melakukan berbagai upaya seperti penyediaan sarana dan prasaranainfrastruktur.

ImageKawasan Wisata Terpadu Lumbok Ranau (Seminung Lumbok Resort)
Keindahan Danau Ranau di Pekon Lumbok Kecamatan Sukau memang luarbiasa, demikian diungkapkan berbagai kalangan yang pernah berkunjung keLumbok. Ditempat itu kita bisa menyaksikan hamparan biru danau denganlatar belakang gunung seminung yang menjulang tinggi dan perbukitanhijau.

Wisatawan juga menikmati kehangatan air panas dikaki gunungseminung, berperahu,dan berpiknik bersama keluarga.Karena disini terdapat.

Untuk memanjakan wisatawan Pemerintah KabupatenLampung Barat telah membangun berbagai sarana seperti fasilitas 2Cottage dengan kolam renang, hotel standar bintang 3 dengan 16 kamar,Restoran dan Convention Hall dengan kapasitas 30 orang lantai dasar dan400 orang lantai atas.

Paralayang
Selain menikmati keindahan alam danau, wisatawan yang hobi olahragaparalayang dapat melakukannya disini. Kegiatan dirgantara paralayangmerupakan bagian atraksi wisata. Dari ketinggian sekitar 400 meter,wisatawan dapat menikmati kontur alam yang begitu indah, danau ranauyang dilingkupi oleh pegunungan yang tegak menjulang salah satunyaGunung Seminung serta areal persawahan yang membentang luas sungguhpanorama alam yang menyejukkan hati.

Wisatawan melakukan take off di bukit Mandi Angin, Pekon Lumbok denganketinggian 400 meter dpl. Site paralayang di Lumbok Ranau secara teknissangat layak dan memiliki pemandangan alam yang lengkap.

Wisata Alam Pekon Hujung
Objek Wisata di Pekon Hujung Kecamatan Belalau, disini terdapat Gunung tertinggi di Lampung Barat yaitu Gunung Pesagi, dimana gunung inidijadikan sebagai wana wisata atau wisata alam. Wisatawan selainberpetualang melakukan pendakian dapat melihat keindahan alam dan bahari Lampung Barat dari ketinggian Gunung, disini juga terdapat Homestay tradisional Lampung Barat yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Wisata alam kubu perahu
Lampung Barat memang tidak pernah habis. Satu lagi lokasi petualanganalam yang sangat menantang. Yakni wisata alam Kubu Perahu di KecamatanBalik Bukit. Di sini wisatawan dapat menikmati rimbunnya pohon-pohonbesar hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Lokasi inisangat cocok untuk kegiatan jungle run. Wisatawan dapat menikmatialiran sungai yang jernih disepanjang perjalanan menapaki hutan kawasanTNBBS. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati air terjun Sepapa Kiriyang begitu jernih dan indah.

Desa Wisata Lumbok
ImageLampungBarat juga menyajikan wisata desa, dimana desa yang dikunjungi masihsangat alami dengan suguhan pemandangan Danau Ranau, di tempat ini parapengunjung dapat melakukan aktivitas yang cocok untuk keluargadiantaranya : Menombak ikan, memanah ikan, berenang, memancing belutdan aktivitas malam yang tak kalah serunya.

Didesa Lumbok yang berjarak + 30 km dari ibukota kabupaten LampungBarat Liwa, pengelola kawasan ini menyediakan homestay dirumahtradisional penduduk setempat dan menyajikan kuliner khas, seperti gulai taboh, dan ikan bakar

Danau Suoh.
Wisata alam ini menyajikan potensi wisata olahraga serta menjanjikanpengalaman yang tak terlupakan, perjalanan ke lokasi yang hanya dapatditempuh dengan menggunakan kendaraan jenis off Road dan kendaran rodadua jenis trail. Di sini terdapat 3 buah danau yang berubah-ubahwarnanya. Kawasan sekitar danau terdapat sumber panas bumi yangmenambah keunikan dan keistimewaan lokasi. Untuk menuju lokasi dapatmelalui Kecamatan Sekincau atau Kecamatan Batu Brak dengan jarak tempuh4 jam perjalan dari Ibukota Liwa. Juga dapat melalui Kecamatan WonosoboKabapaten Tanggamus.

Arung Jeram

Bagi anda yang gemar olah raga arung jeram (rafting), Lampung Baratmemiliki Sungai Way Besai. Di sungai yang terdapat di Kecamatan SumberJaya ini wisatawan dapat menikmati lintasan jeram dengan grade IIIdengan jarak tempuh 3 km menjanjikan aktifitas yang menantang bagi parapenggemar olahraga arung jeram.

Wisata Bahari

Objek Wisata Bahari terdapat di daerah pesisir Lampung Barat diantarnya :

Tanjung Setia
Terletak di Pesisir Selatan, 52 Km dari Liwa potensi daya tarik yangditawarkan adalah berselancar, berenang, menyelam, berperahu, berlayar,snorking, memancing, berjemur matahari,menyusuri pantai,mengumpulkankarang dan fotografi.

Pantai Labuhan Jukung
Pantai labuhan jukung yang berlokasi di pekon kampung Jawa kecamatan, 35 Km dari Liwa
Pesisir Selatan.

Pantai Way Jambu
Terletak di Pesisir Selatan, 60 Km dari Liwa potensi daya tarik yang ditawarkan adalah berenang, menyelam, bersepeda,selancar angin,berkemah,dan berjemur matahari
Pantai Way Sindi
Pesisir Tengah, 34 Km dari Liwa
Pantai Suka Negara
Terletak di Bengkunat , 68 Km dari Liwa
Pantai Way Haru
Terletak di Bengkunat, 212 Km dari Liwa.

Objek wisata budaya dan sejarah
Objek Wisata budaya dan sejarah, adanya situs megalitik di PekonPurajaya, rumah tradisional di desa Sukadana, dan berbagai PetilasanPatih Gajah Mada di Kecamatan Lemong.

Ragam Kesenian
Pesta Sakura
Pesta sakura merupakan pesta topeng yang diadakan tiga hari setelahHari Raya Idul Fitri, dimulai sejak jam 09.00 hingga berakhir pada sorehari. Keunikan dari pesta sakura ini dalam acara panjat pinang yangberhadiakan berbagai barang yang digantung dipuncak batang pinang, parapemanjatnya terdiri atas beberapa orang pria (kelompok), dan parapemanjat tersebut memakai topeng serta dengan berbagai busana yangunik, bahkan para ada ada diantaranya ang memakai pakaian wanita. Pestaini dilaksanakan

Tari-tarian
Sesuai dengan kondisi alam yang terdiri dari daerah perhutanan danlautan, Kabupaten Lampung Barat memiliki aneka ragam tarian dengan temayang banyak terinspirasi dari lingkungan. Keberdaan margasatwa banyakmengilhami gerakan tari-tarian di daerah Lampung Barat. Di daerah BalikBukit terdapat Tari Kenui dan Tari Batin,dua jenis tarian yanggerakannya meniru burung elang. Tari batin biasanya dilakukan dalamrangka menyambut tamu-tamu penting.

Event Tahunan

Festival Teluk Stabas
Festival ini diadakan perlombaan Kesenian dan Budaya tradisional antara lain: hadra, bedikhir, hahiwang, gambus dan Lomba tarian adat tradisional lainnya. Festival ini dijadwalkan berlangsung pada setiap bulan Juli.

Semarak Wisata Tanjung Setia
Pada kegiatan ini dilaksanakan berbagai perlombaan yang bernuansa bahari seperti selancar, kebut jukung, voli pantai, sepakbola pantai. Selain itu ditampilkan beberapa atraksi kesenian. Festival ini dijadwalkan berlangsung pada setiap bulan Juni

Gebyar Pesona Lumbok Ranau
Pada kegiatan ini dilaksanakan berbagai perlombaan yang bernuansa wisata tirta seperti kebut jukung, triatlon tradisional, memanah ikan, memancing didanau. Selain itu ditampilkan beberapa atraksi kesenian. Festival ini dijadwalkan berlangsung pada setiap bulan September.

Sumber : www.lampungbarat.go.id