Patung Laksamana Cheng Ho di depan Klenteng Agung Sam Poo Kong, Semarang

Ada yang manarik di  Semarang yaitu sebuah klenteng Agung Sam Poo Kong yang di depannya ada patung Laksamana Cheng Ho (Zheng He). Waktu masih kecil Cheng Ho bernama Ma San Bao.

Laksamana Cheng Ho adalah seorang prajurit dari Kekaisaran China yang sering pemimpin pelayaran ke berbagai benua untuk menyampaikan misi perdagangan dan perdamaian. Walaupun seorang pembesar Kekaisaran China tetapi Cheng Ho  beragama Islam.

Klenteng ini sudah memiliki sejarah yang panjang yaitu sejak pelayaran Laksamana Cheng Ho mendarat di sebuah lokasi yang bernama Simongan (sekarang ini bernama Semarang) karena ada rekannya yang bernama Wang Jing Hong yang merupakan seorang juru mudi mengalami sakit keras.  Karena keterbatasan obat dan membutuhkan pertolongan dan pengobatan.

Awalnya klenteng ini hanyalah sebuah gua batu tetapi kemudian di bangun sebuah klenteng bersama dengan masyarakat setempat.  Wang bersma anak buahnya juga menggarap lahan dan membangun rumah. Akhirnya Wang dan anak buahnya menetap dan menyatu dengan warga lokal.

Pada umur 87 tahun Wang sakit dan wafat, makamnya diberi nama Makam Kyai Juru Mudi. Gua batu pernah mengalami longsor. Kemudian oleh masyarakat dibangunkan lagi gua buatan di sebelah lokasi gua yang  longsor itu untuk menghormati Wang Sang Juru Mudi kapal Laksamana Cheng Ho.

Klenteng  Agung Sam Poo Kong selain tempat beribadah, juga menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi dan menjadi tempat aksi photo wisatawan.





Photografer : Agustia Sari