Pemandangan Gunung dan Sawah di Banjit, Way Kanan


Kecamatan Banjit yang masyarakatnya sangat heterogen ini berada di Kabupaten Way Kanan dari 14 kecamatan. Kecamatan Banjit memiliki alam yang indah. Perbukitan dan pegunungan adalah ciri dari Banjit. Lahan tanahnya juga subur sehingga petani disini menggarapnya menjadi lahan sawah.

Kebun jagung di Kecamatan Banjit
Dari 14 kecamatan di Way Kanan, Banjit merupakan kecamatan yang memiliki lahan sawah yang terluar, karena tanahnya yang subur. Selain sawah kecamatan ini juga penghasil komoditas kopi, jagung dan lada yang terkenal.

Pemandangan sawah dan gunung sudah umum dan fenomenal dari dulu. Hampir setiap belajar melukis sudah biasa Bapak Guru mengajarkan membuat lukisan dengan pemandangan seperti ini.  Dibanjit hal itu bukan lukisan tetapi bentangan alam yang alami dan indah.

Kecamatan yang berada di barat dari Kabupaten Way Kanan itu juga berbatasan dengan Lampung Barat dan Lampung Utara. Di bagian barat Banjit ada beberapa gunung yang selalu menjadi sasaran mata melihat, yaitu Gunung Seminung. Gunung ini tepatnya berada di Lampung Barat dan Sumatra Selatan.  Masih sangat jauh dengan Kecamatan Banjit tetapi puncaknya sudah terlihat disini, dan menjadi satu dengan pemandangan alam pesawahan di Banjit. Sepanjang jalan kita menyusuri kecamatan ini selalu akan terlihat sawah dan gunung, sawah dan gunung.

Selain itu di kecamatan ini juga ada sungai yang cukup panjang membentang dari timur ke arah barat, yaitu Sungai Neki yang berarus sangat kuat.  Masih sangat alami dan bisa juga jika digunakan untuk wisata rafting, sayangnya belum ada yang menggunakan petensi ini.

Potensi sungai yang besar ini dimanfaatkan warga Banjit untuk pertambakan ikan segar seperti lele, gurame dan nila. Selain memiliki potensi penghasil beras, banjit juga menghasilkan kopi dan ikan air tawar yang menjadi andalan untuk mengisi pasar lokal di Way Kanan.

Selain itu di kecamatan ini memiliki hutan yang masih sangat terjaga, karena masih dekat dnegan Lampung Barat dan Taman Nasional Bukit Barisan yang berada di bagian barat dari Kecamatan Banjit. Sehingga udara disini masih segar dan sejuk. Apalagi pada waktu malam akan sangat  terasa dingin.




Photografer :  Azzahra R.