Penjual Balon Sabun di Lapangan Parkir Enggal, Bandar Lampung


Lapangan Parkir Enggal merupakan alun-alun Bandar Lampung yang biasa menjadi pusat kegiatan berbagai macam kreasi anak muda Bandar Lampung. Lokasi ini berada di Kelurahan Enggal bersebelahan dengan GOR Saburai, Taman Seni dan Taman Gajah. Lokasi ini bisa dikatakan sebagai alun-alunnya Bandar Lamapung.

Sekarangn di lokasi itu sudah ada Taman Gajah yang menjadi pusat keramaian pada hari-hari tertentu, apalagi di hari Sabtu dan Minggu. Selain digunakan untuk berolah raga, pada malam hari juga jadi tempat nongkrong anak  muda.

Dilokasi taman parkir ini pada hari Sabtu dan Minggu biasa digunakan untuk aktivitas olah raga, seperti senam, sekedar jalan-jalan pagi dan bersepeda. Lebih asik lagi setelah berolah raga kita bisa sarapan bubur ayam didekat lokasi ini yang cukup terkenal.

Di Taman Gajah juga sudah banyak fasilitas untuk anak-anak bermain, seperti arena ketangkasan memanjat yang cukup aman untuk anak-anak.  Ayunan, enjotan, perosotan dan sebagainya yang biasa dipermainkan anak-anak ditaman. Di lokasi ini juga banyak penyewaan sepeda, penyewaan beca, mobil yang bisa dinaikan anak dan sebagainya.


Ada juga hiburan dari berbagai orang dan pedagang di lokasi ini. Ada topeng monyet, tukang sulap, juga ada atraksi-atraksi anak muda menggunakan sketboard, atraksi bersepeda.

Jika ada even-even tertentu juga sering digunakan untuk arena balapan motor, balapan mobil, slalom, kompetisi group-group band anak muda, kompetisi dancing dan sebagainya. Pemerintah Kota juga sering menggunakan lokasi untuk untuk even-even pameran pembangunan, MTQ dan acara lainnya.


Saat saya disini ada yang unik yaitu seorang penjual air untuk membuat balon sabun. Uniknya karena balon sabun yang dibuat sangat besar dan panjang-panjang. Ketika balon itu pecah akan menimbulkan gambar pelangi yang cantik.

Untuk membuat sebuah balon sabun yang panjang tidak dengan meniupkannya seperti biasa, tetapi dengan bergerak mundur berlawanan arah dengan arah angin. Angin akan datang dan mengisi balon ini dengan udara. Besarnya cukup fantastis, ada balon yang panjangnya lebih dari tiga meter. Bisa di lihat di foto-foto ini.

Aksi ini banyak menarik pengunjung di lapangan parkir ini sehabis olah raga. Sayangnya penulis datang kesini terlalu siang sehingga para pengunjung sudah sepi.

Sebenarnya pedagang air balon sabun ini bukan sekedar beratraksi saja, tetapi sedang menjual air sabun dan alat untuk membautnya kepada pengunjung.