Istana Boneka Ancol, Wahana Keanekaragaman Budaya Nusantara dan Dunia

Boneka di Wahana Istana Boneka, Ancol.
Salah satu wahana yang edikatif dan menarik bagi anak-anak adalah Wahana Istana Boneka. Sambil berwisata tanpa sadar anak-anak sedang belajar untuk mengenal budaya nusantara yang beranekaragam.

Patutlah dinamakan istana boneka karena didalamnya terdapat bermacam-macam boneka dengan gaya dan kostum yang berbeda-beda mewakili budaya-budaya yang ada di Nusantara dan juga budaya dari berbagai dunia. Wahana Istana Boneka ini tergolong sudah tua karena sejak 1986 sudah dibuka, entah sudah berapa ratus ribu yang hadir dan melihat langsung boneka-boneka di wahana ini. Bisa dikatakan Wahana Istana boneka ini sudah 'legen'.

Boneka di Istana Boneka
Pada saat libur sekolah Wahana Istana boneka ini bisa dangat padat dan antriannya lumayan panjang, tetapi toch tetap mengikuti antrian karena anak-anak sangat senang disini.  Jadi akan lebih leluasa kalau datang kesini bukan pada hari libur sekolah.  

Sebelum memasuki lorong-lorong air dengan perahu kita disugihi oleh suara dan lagu yang khas sangat akrab ditelinga kita, suara lagu yang kalau kita dengarkan lagi dilain waktu dan tempat,  akan menyebabkan jadi kangen ingin ke Ancol lagi.

Melalui perahu yang mengikuti arus air yang mengalir dengan tenang, perahu berjalan
Bagian luar Istana Boneka, Ancol.
pelan-pelan menyusuri blok demi blok yang menampillkan diorama tampilan boneka dan background yang sesuai dengan budaya yang diwakilinya.  Dari awal masuk lorong pertama sampai ke luar dihitung kira-kira durasi waktunay sekitar 15 - 18 menit.

Setiap blok akan diiringi oleh musik-musik dan suara-suara latar akan berubah-ubah sesuai dengan blok-blok yang dilalui oleh perahu perahu yang dinaiki pengunjung. Di dalam blok-blok ini ada kurang lebih 600 boneka yang berpakaian adat yang beragam.


Nusantara ternyata luar biasa memiliki khasanah budaya yang sulit untuk ditandangi oleh negara-negara lain. Selain Nusantara terdiri beribu-ribu pulau besar dan pulau kecil, dengan budaya, adat, etnis, bahasa, pakaian, ciri khas, bentuk rumah, dan ikon-ikon budaya yang benar-benar sangat berragam. Walaupun beragam tetapi diikat dalam satu bangsa yaitu Bangsa Indonesia. Sehingga perbedaan itu bukanlah sebagai pemisah tetapi  justru sebagai seuntaian mozoik warna warni indah dalam kebenekaan dalam satu ikatan.

Semangat kebersamaan dan kebhenekaan itu dituangakn dalam lagu yang akan kita dengar saat memasuki wahana Istana Boneka.

"Lihat indahnya dunia
Milik kita semua
Walau berbeda bangsa
namun satu sodara
Alangkah indah semua
Lautan luas
Angkasa luas
Gemah riang bumi pertiwi
Kamu harapan suci
Bahagia gembira semua
Satu tujuan kita
Milik kita semuanya
Hidup senang bersama
Damai bebas merdeka "



Photografer :  Azzahra R.

#TheIndonesiaAdventure
The Indonesia Adventure Team Writter

Tag: Istana Boneka, Istana Boneka Ancol, Ancol, Dufan