Wahana-Wahana Sains Taman Pintar Yogyakarta

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat terutama pada akhir abad ini. Sains telah menjadi lokomotif bagi peradaban umat manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan lebih modern.
Hal inilah yang menjadi semangat dari Taman Pintar Yogyakarta. Perubahan dan perkembangan sains pada sekitar tahun 90-an bisa dibilang menjadi titik puncak dan terus terjadi sampai saat ini. Apalagi pada Teknologi Informasi yang telah menghantarkan peradaban manusia menuju zaman tanpa batas.
Untuk menghadapi perubahan yang cepat ini dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk Pembangunan Taman Pintar Yogyakarta.


Taman Pintar Yogyakarta ini berada di jalan Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122, tepat dibelakang Benteng Vredeburg yang menghadap jalan Malioboro.


Banyak sekali wahana-wahana yang mempresentasikan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi pada alat-alat sederhana agar mudah dipahami oleh pengunjung. Wahana-wahana ini sangat merangsang rasa ingin tahu pengunjung, apalagi jika pengunjungnya adalah anak-anak atau pelajar sekolah, dan juga mahasiswa.


Disini juga dipajang berbagai sosok ilmuwan baik luar maupun dalam negeri yang telah berjasa mengembangkan ilmu pengetahuan. Contoh salah satu ilmuwan dunia yang fenomenal yaitu Albert Einstein yang menjadi perintis penelitian teori relativitas, selain itu ada juga tokoh ilmuwan fisika dunia Stephen William Howking yang mendukung teori "Big Bang" bahwa alam semesta bermula dari sebuah ledakan maha dahsyat. Selain itu juga ada tokoh dalam dunia kedokteran dunia yaitu Ibnu Sina yang telah memantapkan fondasi ilmu-ilmu kedokteran modern.

Tokoh-tokoh ilmuwan nasional juga menjadi konten menarik yang ada di Taman Pintar seperti tokoh yang berjasa pada industri penerbangan dunia dan terkenal sebagai Mister Crack karena berhasil menemukan sebuah rumus tertentu dalam teknologi rancang bangun struktur pesawat terbang. Ia adalah Prof. Dr. Ing. Baharuddin Jusuf Habibie yang pernah mendapatkan penghargaan Theodhore van Karman Award yang dari International Council for Aeronautical Sciences di tahun 1992.

Selain itu ada juga loh ilmuwan Indonesia lainnya yang terkenal yaitu Tjokorda Raka yang menemukan sebuah struktur bangunan untuk infrastrukrur jalan tol atau jembatan yang dikenal dengan nama Sosro Bahung. 


Bagi yang tertarik dengan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi tentu Taman Pintar membuat penasaran.  Ingin tahu bagaimana wahana-wahananya? Silahkan langsung saja kunjungi akan lebih bagus lagi jika bersama anak-anak untuk memberikan rangsangngan semangat belajar dan rasa ingin tahu tentang sains dan teknologi. Sambil wisata bersama keluarga tetapi juga bersamaan dengan memberikan ruang bagi anak-anak untuk belajar secara langsung dengan berbagai alat peraga dan wahana edukasi yang menarik.

Untuk menuju Taman Pintar cukup jalan kaki dari jalan Malioboro sejauh 500 meter saja dari  titik nol Yogyakarta, Anda tinggal melalui jalan Panembahan Senopati belok kiri dan anda sudah dapat melihat Taman Pintar Yogyakarta. Selamat berwisata!