Mercusuar di Bukit Lampu Kota Padang

Sumatra Barat merupakan provinsi yang berada di barat Sumatra. Lokasinya ini yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia memberikan berkah dengan banyaknya lokasi wisata yang bisa dijadikan destinasi yang menarik. Selain pulau-pulau yang banyak dan juga ombak-ombak yang besar bisa menjadi daya tarik bagi para  peselancar dunia.

Menara Bukit Lampu, Sumatra Barat
Menara Bukit Lampu, Sumatra Barat

Salah satu destinasi wisata dari Ranah Minang yang menjadi asal mula nasi padang ini  adalah sebuah menara mercusuar bersejarah yang berada di pinggir jalan Padang Painan dengan jarak 12 km dari pusat kota terdapat Benteng peninggalan Jepang terdapat dibawah menara Mercusuar. Bukit Lampu ini tepatnya berada di Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Dari atas Bukit Lampu terlihat banyak pemandangan dengan panorama yang  indah. Kita melihat luasnya Samudra Hindia yang biru. Tidak puas-puas mata memandang landscape pantai barat Sumatra dengan berbagai aktifitasnya berikut dengan teluk, pulau-pulau dan hamparan laut  dengan keindahan alamnya. 

Dari atas Bukit Lampu ini kita bisa menyaksikan aktifitas Pelabuhan Teluk Bayur yang sibuk dari ketinggian. Selain itu kita juga bisa melihat Teluk Bungus. Dua teluk yang bersebelahan menghadap ke Samudra Hindia ini adalah lokasi wisata yang berdekatan dengan pusat kota.

Pada ketinggian itu, kita juga bisa melihat kapal-kapal di Pelabuhan Teluk Bayur yang merupakan salah satu pelabuhan yang terdapat di Kota Padang.  Pelabuhan Teluk Bayur ini dulunya bernama Emmahaven. Pelabuhan ini dibangun sejak zaman kolonial Belanda dari tahun 1888 sampai  dengan 1893.

Pelabuhan ini juga menjadi pintu gerbang pelayaran antar pulau   Selain itu digunakan juga sebagai arus keluar masuk barang ekspor-impor dari dan ke Sumatra Barat. Pada masa lalu pelabuhan ini sangat sibuk tetapi kemudian menyurut saat pelabuhan di Singapura yang berada di posisi strategis di Selat Malaka dibangun.

Panorama Bukit Lampu yang indah ini tidak jauh dari kota, hanya ditempuh dengan waktu perjalanan 20 menit saja dari Kota Padang. Dengan rute melalui jalan lintas barat yang akan menuju Provinsi Bengkulu. Kawasan bukit lampu ini juga sering dijadikan tempat peristirahanatan bagi para pengendara yang pulang pergi dari dan ke Kota Padang menuju Bengkulu.

Dari lokasi ini dapat menuju objek wisata Pantai Catoline, pantai ini sangat indah dan banyak dikunjungi oleh wisatawan domistik dan juga manca negara. Pa ntai ini terletak di daerah Bungus, 20 km di sebelah selatan Kota Padang, Sumatra Bara. Untuk mencapai pantai tersebut kita dapat  menggunakan moda transportasi umum yang dapat diakses melalui terminal Oplet Pasaraya kota Padang.

Selain itu kita juga dapat mencapai Pantai Carlos, dan Pantai Sei Pisang. Untuk mencapai lokasi ini dapat dengan menggunakan kendaraan pribadi, bis wisata maupun angkutan kota menuju Bungus.

Saat ini Pemda Provinsi Sumatra Barat sedang membangun convension hall di kawasan Bukit Lampung untuk mendukung pariwisata Kota Padang dan Sumatra Barat. Bangunan itu terdiri dari banyak fasilitas
seperti penginapan, tempat parkir, kafe dan restoran,  ruang rapat dan pertemuan, serta fasilitas lainnya yang sampai sekarang masih dalam proses pembangunan.

Tag. :  Sumatra Barat, Padang, Nasi Padang, Menara, Mercusuar, Bukit Lampu, Pantai Catoline, Mercusuar Bukit Lampu