Olah Raga Paralayang di Gunung Haruman Garut Jawa Barat

Indonesia kaya dengan wisata alam berupa gunung-gunung yang sangat menantang untuk didaki (trakking) dan olah raga paralayang. Salah satu destinasi yang bisa melakukan hal itu adalah Gunung Haruman.  Gunung Haruman berada di posisi Gunung Haruman ada di koordinat : 7 8' 13" S, 107 52' 54" E.

Gunung Haruman menjadi bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Garut yang beribukota di Tarogong Kidul ini bertetanggaan dengan Kabupaten Sumedang di utara, Kabupaten Tasikmalaya dan Majalengka di timur dan Samudra Hindia dan Kabupaten Cianjur di Selatan.
 
Wahana paragliding yang tersedia di Gunung Haruman menawarkan tantangan berada diatas udara di ketinggian dengan pemandangan yang sangat indah yaitu hamparan alam Gunung Haruman dan lereng-lereng gunung berupa hutan hijau. Ketinggian gunung ini cukup lumayan tinggi 1300 meter di atas permukaan laut. Gunung Haruman ini juga cukup aman karena bukan gunung berapi.

Ilustrasi olah raga paralayang. Photo : Pixabay.
Olah raga paralayang (paragliding)  merupakan sebuah olahraga terbang bebas dengan menggunakan alat berupa sayap kain (parasut). Mirip dengan terjun payung tetapi start bermulanya paralayang dari tempat ketinggian seperti puncak gunung, di atas tebing jurang atau tempat tinggi lainnya. sedangkan terjun payung harus start dari atas pesawat di udara.

Tentu olah raga seperti ini membutuhkan keberanian dan adrenalin yang besar.  Untuk mencoba wahana ini memerlukan jiwa petualang dan keberanian berada di atas ketinggian yang ektrim, tetapi setelah berada diatas kita dapat menikmati keindahan alam secara luas dan bebas.

Pada saat akan memulai Anda akan banyak diberi petunjuk dan dibantu oleh instruktur untuk memeriksa kelengkapan apakah sudah aman, karena keselamatan adalah sesuatu yang paling utama. Anda juga akan diberi petunjuk arah angin, cara mengendalikan, cara mendarat dan sebagainya. Semua petunjuk ini wajib kita ikuti karena ini terkait dengan masalah keselamatan kita sendiri.

Bagi yang belum bisa mengendalikan paralayang, bisa juga Anda hanya ikut dibonceng saja maka penerbangan dilakuan berdua dengan 'pilot' paralayangnya yang handal dan profesional. Anda hanya tinggal menikmati penerbangan dan tidak perlu repot-repot mengendalikan arah dan keseimbangan. Bagi yang ingin fokus memphoto, sepertinya cara ini yang paling efektif. Anda bisa puas mengambil semua spot sepuas-puasnya, tetapi harus siap batrai kamera harus full dan juga memori kamera sudah dikosongkan, karena kesempatan berada diudara sangatlah jarang dan tidak murah.

Pemandangan yang indah dengan landscape hamparan gunung-gunung yang hijau, petak-petak sawah yang luas dan perkampungan Kecamatan Kadungora menjadi bagian dari sensai dalam terbang layang. Dari atas para layang kita juga bisa melihat kota Garut dari atas yang tersaji secara lengkap serta juga beberapa wilayah sekitarnya. Jika posisi ketinggian cukup kita juga dapat melihat biru laut Samudra Hindia di selatan.

Ilustrasi olah raga  paralayang. Photo : Pixabay.

Areal wisata Gunung Haruman memang sangat cocok untuk spot adrenalin wahana paragliding baik dilihat dari bentuk gunungnya yang terdapat lokasi untuk mulai melayang dan lokasi pendaratan yang aman.  Kawasan gunung haruman tempat yang cocok untuk aktivitas terbang layang. Ketinggian dari Gunung Haruman juga cukup sesuai sehingga dapat melayang dengan waktu yang cukup lama dan menikmati penerbangan. Lokasi ini menjadi surga bagi para penghoby terbang layang.

Untuk menuju destinsi wisata Gunung Haruman yang terleltak di Kecamatan Kadungora membutuhkan waktu 30 menit dari pusat Kecamatan Kadungora. Kalau Anda memulai perjalanan dari Kota Garut membutuhkan waktu 1,5 jam dari pusat Kota Garut. Dari Jakarta ke Kota Garut jaraknya kurang lebih 213
 km. Bisa melalui Jalan Raya Pantura atau juga melalui jalan tol Jakarta - Cikampek, kemudian jalan tol  Cipularang dan selanjutnya melalui jalan Nanggeleng - Cirahayu.

Suasana yang nyaman dengan iklim yang sejuk dan segar membuat nyaman pejalanna dan wisata Anda di destinasi Gunung Haruman. Untuk bersiap menjajal hormon adrenalin dengan mencoba wahana terbang layang.

Destinasi wisaa Gunung Haruman juga termasuk lokasi yang masih dalam tahap penelitian karena memiliki temuan situs pra-sejarah seperti halnya Gunung Padang.   Demikian juga seperti Gunung Sidahurip yang diperkirakan menyimpan misteri pra sejarah. Di Gunung Haruman terdapat temuan situs pra sejarah berupa batu kepala kuda yang diperkirakan termasuk dalam situs megalitikum. Masyarakat sekitar percaya bahwa batu kepala kuda tersebut adalah warisan dari Prabu Kiansantang. 

Tag. : Gunung Haruman, Haruman, paragliding,  terbang layang, wisata terbang layang, wisata haruman, wisata garut, destinasi kabupaten garut, terbang layang di haruman, Wisata Jawa Barat