Pantai Pangandaran, Ciamis Jawa Barat Sunsetnya Sangat Indah

Menikmati keindahan pantai legendaris Pangandaran, dengan pasir halus dan air lautnya yang bersih. Banyak wisatawan yang datang ke pantai ini selama musim liburan. Istilah Pangandaran ada sejarahnya loh. Pangandaran berasal dari kata pangan yang artinya makanan, sedangkan daran artinya para pendatang, sehingga Pangandaran itu maksudnya adalah makanan bagi para pendatang.

Pantai Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Photo : Pixabay.

Pantai ini terletak di Kabupaten Pangandaran yang merupakan pemekaran Kabupaten Ciamis dan terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Posisi pantai Pangandaran berada 92 km dari Kota Ciamis ke arah Selatan.

Pantai Pangandaran memiliki tanjung, berupa daratan yang menjorok ke laut. Daratan ini merupakan kawasan cagar alam yang sekarang sering disebut Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran.  Luas wilayah cagar alam ini 497 Ha dan memiliki luas taman laut 470 Ha.

Banyak pepohonan yang tumbuh di daratan yang menjorok itu. Berbagai tumbuhan yang ada 80% adalah vegetasi hutan sekunder tua, sedangkan sisanya adalah hutan primer. Keberadaan daratan dan hutan di atas laut itu menjadi benteng alam dari derasnya gelombang besar untuk sampai ke pantai. Air laut yang berada dipantai juga jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama, memungkinkan Anda untuk berenang dengan aman.

Di Kawasan Cagar Alam Pengandaran itu terdapat juga goa-goa. Ada goa yang alami dan juga goa yang dibuat oleh tentara Jepang. Ada beberapa goa seperti Goa Lanang, Goa Rengganis, Goa Sumur Mudal, dan Goa Miring.  Di antara goa itu ada juga goa dari ribuan tahun lalu dan masuk sebagai goa pra sejarah yang memiliki batuan stalaktit dan stlakmit. Selain itu wilayah cagar ini memiliki satwa liar, biota laut dan vegetasi alamnya yang masih alami.

Vegetasi di Cagar Alam Pangandaran, Jawa Barat.

Pemandangan disini sangat indah membuat Anda yang suka mengambil gambar/photo  landscape dengan kamera mendapatkan banyak spot photo yang menarik.  Ombak-ombak yang menakjubkan dan bisa melihat aktifitas perahu nelayan menjelang sore.

Selain itu, Anda juga memiliki alternatif berupa atraksi pantai yang sangat menyenangkan, seperti wind surfing, scuba diving, snorkeling, berperahu menyeberang ke Pasir Putih, serta melihat-lihat karang dan berbagai ikan hias yang indah di dalam laut.

Berlatarbelakang Cagar Alam Pananjung yang kaya akan flora dan fauna, pantai ini juga memberikan kesempatan unik bagi Anda untuk melihat terbit dan terbenamnya matahari dari satu tempat yang sama.
Di sini juga Anda dapat mengintip banteng, rusa, dan hewan lainnya yang menyatu dengan keindahan cagar alam yang terjaga kelestariannya serta masih asri dan bersih.

Sunset di Pantai Pangandaran di Ciami, Jawa Barat.

Satu lagi yang menjadi daya tarik Pantai Pangandaran yaitu menikmati sunrise dan sunset di pantai ini. Kita bisa dapatkan kedua-duanya baik sunset maupun sunrise, kalau mau menunggu waktu sunset pada jam 17.20 WIB sampai dengan jam 17.45 WIB. Sedangkan untuk dapat melihat sunrise harus datang lebih pagi sekitar jam 5.30 WIB.

Jarang ada pantai yang bisa mendapatkan posisi spot photo sunset dan sunrise dari satu tempat. Posisi pantai yang menjorok seperti tanjung memudahkan wisatawan untuk melihat posisi matahari di barat dan ditimur. Warna kuning kemerahan diantara riak-riak ombak dan langit biru kemerahan menjadi pemandangan yang ditunggu-tunggu para photografer.

Untuk menuju pantai Pangandaran.  Jika Anda berasal dari Jakarta maka cukup dari Desa Rambutan untuk pergi langsung ke Pangandaran dengan menggunakan bus yang langsung ke Ciamis atau Pangandaran. Waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk menuju Ciamis selama 7 jam perjalanan.

Selain melalui darat Anda juga bisa melalui melalui perjalanan udara. Pertama-tama berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju Bandara Nusawiru Pangandaran, Salah satu maskapai yang menjalani rute ini adalah Susi Air. Setelah sampai di Ciamis, kita dapat mengendarai kendaraan umum menuju Pantai Pangandaran yang banyak tersedia disini.

Tag : Pangandaran, pantai pangandaran, alam, kota ciamis, pantai, wisata pantai, laut, pasir putih, pantai bersih, pangandaran, sunset, Wisata Jabar, Wisata Jawa Barat