Menelusuri Bukit Barisan Sumatra dari Bandar Lampung sampai Pesawaran


Sesekali mungkin kita penasaran untuk sekedar menelusuri jajaran Bukit Barisan, tapi mungkin tidak perlu sepanjang Lampung sampai Aceh, tetapi sekedar menelusuri bagian kecil dari Bukit Barisan yang ada di Barat Lampung.

Pegunungan Bukit Barisan adalah jajaran pengunungan yang membentang dari ujung utara (Aceh) sampai ujung selatan (Lampung) pulau Sumatra, memiliki panjang lebih kurang 1650 km. Posisi bukit barisan ini berada di bagian barat dari Pulau Sumatra yang memanjang.

Bukit Barisan menjadi sumber penting air di Sumatra karena hampir semua sungai besar di Sumatra berhulu dari Bukit Barisan yang sampai sekarang ini masih masuk dalam kawasan  register yang cukup terjaga. Sungai-sungai Alas,  Batangtoru, Indragiri, Batanghari, dan Musi, berhulu di Bukit Barisan. Sungai-sungai ini menempati posisi penting dalam ekonomi dan juga sumber daya air. Sungai-sungai ini juga sebagai media transportasi pada masa lalu.


Rangkaian pegunungan ini mempunyai puncak tertinggi Gunung Kerinci yang berlokasi di Jambi, berketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut. Pegunungan Bukit Barisan terletak dekat pertemuan antara pelat tektonik Eurasia dan Australia.

Bukit barisan dalam photo-photo ini adalah bukit barisan yang berada di Lampung dari ujung selatan Lampung.

Salah satu gunung dari Bukit Barisan adalah Gunung Kerinci yang masuk dalam deretan gunung tertinggi di Indonesia. Ketinggian gunung yang berada di Jambi tersebut kurang lebih 3805 m.

Barisan gunung pada Bukit Barisan bukanlah termasuk gunung yang aktif atau melakukan aktifitas vulkonologi aktif, tetapi walaupun tidak aktif lagi dalam sejarahnya gunung-gunung ini perah aktif dan sangat dahsyat letusannya. Contohnya adalah Gunung Toba di Sumatra Utara yang letusannya membentuk lubang besar (kaldera) yang menjadi danau Toba.

Gunung dan lembah yang ada pada bukit barisan terjadi karena ada tekanan yang konstan dan kuat dari lempeng Samudra Hindia yang luas. Luas dari lempeng Samudra Hindia ini sampai mencapai daratan India, Srilangka dan Timur Tengah.

Saat ini sebagain wilayah dari Bukit Barisan masuk dalam Kawan Taman Nasional Bukit Barisan (TNBS) dan menjadi kawasan yang terjaga.  Kawasan ini masuk dalam wilayah Provinsi Lampung dan Bengkulu. Beragam spesies lainnya dapat ditemukan di wilayah ini, dan beberapa merupakan merupakan spesies endemik Sumatera.

Dalam kawasan Bukit Barisan ada tiga satwa paling langka dan kharismatik yaitu badak, gajah, dan harimau sumatera.

Taman nasional menjadi hutan lindung dengan areal hutan yang penting untuk konservasi harimau di Asia Tenggara dan rumah dari setengah populasi badak sumatera dan seperempat populasi gajah sehingga tempat ini menjadi wilayah konservasi yang penting di dunia.