Beningnya Air Laut di Pantai Klara, Ketapang, Pesawaran

Pantai Kelapa Rapat atau juga sering disebut sebagai Pantai Klara saat ini menjadi destinasi yang cukup diminati oleh masyarakat. Selain lokasinya dekat dengan Bandar Lampung yaitu di Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Tepatnya berada di bagian barat dari Bandar Lampung. Posisi pantai ini sebagai pesisir yang menjadi deretan pantai dalam wilayah Teluk Lampung dan juga Selat Sunda. Iklim tropis dengan udara yang masih segar dan sejuk menjadikan tempat ini sangat mendukung sebagai destinasi wisata pantai.

pantai Ketapang Pesawaran
Kejernihan air laut di pantai Kelapa Rapat, Ketapang, Pesawaran selalu menggoda untuk berenang

Jarak dari Bandar Lampung ke Pantai Klara kurang lebih 20 Km. Lama perjalanan sekitar 1 jam saja. Sehingga dengan jarak yang dekat ini bisa menghemat waktu dan tenaga. Apalagi bila liburan kita hanya mengandalkan Sabtu Minggu. Pantai-pantai yang dekat dengan Bandar Lampung bisa  menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur singkat.

Perahu pengangkut penumpang ke pulau-pulau yang ada disekitar pantai Kelapa Rapat

Keunikan Pantai Klara adalah area pantai putihnya yang luas dan lokasi air laut yang luas tetapi sangat dangkal, sehingga sangat cocok untuk anak kecil yang berenang. Orang tua akan merasa aman jika pantainya landai dan tidak curam. Kelandaiannya cukup luas pada area yang luas dari bibir pantai sampai ketengah jaraknya bisa sekitar 200 meter.

Jika kita berdiri diperairan yang landai itu kita bisa melihat dasarnya dengan sangat jelas, bahkan ikan, kepiting, ubur-ubur, rumput laut pun bisa sangat jelas terlihat. Hati-hati kalau berjalan di lokasi ini jangan menginjak karang atau koral karena takut merusak.

Sering ada kumpulan ikan-ikan kecil bergelombolan berjalan kesana kemari, kalau kita jalan disekitarnya ikan-ikan itu akan menjauh.  Ikan-ikan yang berwarna-warni juga sering terlihat dan memunculkan diri.

Pantai ini berada di Teluk Lampung sehingga kita dapat melihat alam sekitarnya yang dibentuk dari perbukitan dan gunung-gunung dipinggir pantai. Banyak pohon kelapa yang berderet-deret dan cukup rapat. Mungkin ini juga yang menyebabkan nama pantai ini menjadi Kelapa Rapat yang disingkat Klara.

Untuk masuk kepantai ini cukup murah karena tarip perorangnya hanya dipungut sebesar Rp. 10.000,- saja.  Di dalamnya juga banyak tempat penyewaan gubuk-gubuk untuk meletakkan barang.

Di dalamnya banyak penyewaan perahu boat, banana boat, perahu dayung dan sebagainya. Untuk perahu boat sekali sewa sebesar Rp. 50.000,0 bisa untuk dua orang. Untuk banana boat harganya sekitar Rp. 150.000 bisa digunakan sebanyak 5 orang.  Untuk penyewaan satu buah ban untuk berenang Rp. 20.000 per hari  bisa digunakan sepuasnya.

Pantai Ketapang di Lampung
Demikian jernihnya air laut di pantai Ketapang, Pesawaran


Photografer :  Azzahra R.