Kapal Dharma Rucitra I Bak Hotel Berkelas yang Berlayar

Kapal  Dharma Rucitra I adalah kapal penyebrangan dari Dermaga Bakauheni di Lampung ke Dermaga Merak di Banten dan sebaliknya. Sebelum beroperasi di Selat Sunda kapal yang dulunya bernama "Vega" ini pernah beroperasi di Pelabuhan Surabaya, setelah masa perawatan dan pemeliharaan disana. 

Kapal ini adalah salah satu kapal yang paling ekslusif dengan fasilitas yang cukup mewah bak hotel berkelas berlayar. Bisa dibilang kapal ini seperti kapal pesiar. Bisa juga disebut sebagai cruise ship-nya Selat Sunda. Kapal Ro-Ro tetapi sudah berkonsep kapal wisata. Walaupun dibangun sejak tahun 1990, tetapi perawarannya cukup bagus sehingga kondisinya masih sangat baik. 

KMP Dharma Rucitra 1 sedang berlabuh di Pelabuhan Bakauheni
Kapal Dharma Rucitra I  yang  dibeli dari perusahaan swasta Jepang pada tahun 2013 ini adalah salah satu kapal yang dimiliki oleh PT. Dharma Lautan Utama (DLU). Kapal  ini  bertype RO-RO/Passenger Ship dan  mempunyai tonase kotor 6698.  Kedepannya ada aturan dari Kementerian Perhubungan bahwa kapal yang beroperasi di Selat Sunda untuk fasilitas roro akan diganti yang lebih besar dengan minimal bobot kapal minimal 5.000 GT. Tentu Kapal Dharma Rucitra I telah memenuhi persyaratan ini.

Kapal roro ini berkapasitas penumpang 750 orang, 110 unit mobil sejenis minibus, 20 unit truk dan 500 sepeda motor.  Kapasitas yang cukup banyak ini karena KMP Dharma Rucitra 1 termasuk kapal yang paling besar untuk pelayanan Selat Sunda.

KMP Dharma Rucitra 1 kapal berukuran besar
Pelayanan KMP Dharma Rucitra I memiliki motto “Kami melayani negeri dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan sebagai tamu kami yang terhormat”.  Semangat dari motto ini sangat terlihat dengan adanya berbagai fasilitas yang tersedia dengan kualitas yang sangat bagus.

Team TheIndonesiaAdventure.com berkesempatan naik kapal ini dan berkeliling melihat-lihat fasilitas yang ada. Fasilitas di kapal ini cukup lengkap salah satu yang agak membuat kami terkejut adalah adanya escalator yang sangat bagus, bersih dan modern Ini wajah pertama KMP Dharma Rucitra 1 yang kami lihat.

Ruang bermain untuk anak-anak yang menarik di dalam kapal
Paradigma yang ada selama ini kapal penyeberangan Selat Sunda sudah merasa terbiasa dengan kondisi desk masuk pertama yang sering kali bau pesing, becek, dan sampah dimana-mana. Kondisi ini karena memang sudah begitulah adanya membuat penumpang sudah beradaptasi karena kondisi dan  keterpaksaan.
Fasilitas yang tersedia pada KMP Dharma Rucitra 1

Dari lorong eskalator kami menyaksikan keistimewaan lainnya. Pintu terbuka secara otomatis dan ruangan tengah di longe yang seperti hotel. Kami juga merasakan kesejukan setelah masuk kedalam, terasa sekali ac-ac lantai dua ini berjalan dengan sangat baik.

Fasilitas eskalator yang keren, bersih dan modern
Begitu sampai diruangan atas kami juga bertemu dengan pramugari kapal. Para  pramugari dikapal ini juga seperti layaknya pramugari di pesawat terbang, berpakaian rapid an terlihat professional. Mereka menyambut dengan ramah dan mengucapkan selamat datang. Mereka juga memberikan petunjuk arah ruangan-ruangan tunggu penumpang.

Begitu masuk ke ruang kelas ekonomi, terlihat deretan tempat duduk empuk yang nyaman untuk diduduki dengan hawa sejuk ac yang segar dan dingin. Tempat duduk disini bahkan lebih baik dari tempat duduk di pesawat terbang yang sering kali terasa sempit dan dengkul yang mentok dengan kursi depan.

Bendera Merah Putih berkibar di KMP Dharma Rucitra 1
Kembali keluar memasuki ruang lobby yang sudah tersedia kursi sofa yang nyaman untuk ngobrol-ngobrol sambil menunggu kapal sampai. Serasa ada di café, apalagi tempat memesan kopi juga tidak jauh dari ruang itu. Jangan kaget kalau semua ruangan-ruangan itu tersedia gratis, tidak ada penambahan biaya.

Ada pengecualian untuk ruangan kamar VIP yang dikenakan tarif. Biaya tariff untuk menyewa ruangan tersebut ada yang sebesar Rp. 200.000,- dan ada juga yang sebesar Rp. 250.000,-, ruangan  kamarnya bisa digunakan oleh lebih dari 5 orang. Jadi bagi penumpang yang membawa keluarga kamar-kamar VIP ini sangat cocok.

Bagian luar kapal yang bersih dan nyaman, dengan tempat duduk seperti cafe
Untuk ruang dan tempat tidur yang gratis ada juga. Ruangan ini telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan adanya deretan tempat tidur yang bisa berselonjor dengan nyaman. Di raungan ini ac-nya cukup dingin dan ada televise pada setiap deret tempat tidurnya.

Kondisi perjalanan laut yang penuh angin laut, lelah dan cukup lama diperjalanan membuat penumpang sering kali jatuh sakit, atau memang sudah sakit sejak dalam perjalanan sebelumnya. Di kapal ini  telah disediakan dokter dan paramedic professional dan juga tersedia obat-obatan dari penyakit ringan hingga penyakit parah seperti penyakit jantung.
Tempat duduk penumpang empuk nyaman dan bisa disenderkan kebelakang
Untuk yang lapar karena belum sempat makan selama di tol bisa makan direstoran yang ada di lantai dua. Restoran kapal ini sangat nyaman. Harga-harga yang tercantum jelas  diruang restorasi itu tergolong tidak mahal, sangat wajar, bahkan untuk satu dua menu malah tergolong murah. Tersedia berbagai menu seperti halnya restoran. Ada mie goring, mie rebus, nasi goring, pecel lele, nasi ayam, mie ayam, bakso. Berbagai minuman jus, teh hangat dan susu juga ada. Bagi anggota group WA jangan lupa disini ada kopi.  Udah waktunya ngopi …
Tangga, lantai dan dinding sangat bersih
Bagi penumpang yang membawa anak kecil, dikapal yang telah mendapatkan penghargaan sebagai kapal roro dengan pelayanan terbaik ini tersedia ruangan bermain anak. Di dalamnya ada mainan, rumah-rumahan, perosotan, mobil-mobilan dan sebagainya. Ruangan didesaign sangat familier untuk anak-anak. Dinding penuh lukisan yang manarik dengan warna-warna cerah.

Kita tentu berharap agar kualitas pelayanan yang ada pada KMP Dharma Rucitra 1 ini terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Semoga keberadaan KMP Dharma Rucitra 1 bak hotel berkelas berlayar ini bisa menjadi inspirasi bagi para pengelola kapal angkutan penumpang lainnya bukan saja di Selat Sunda tetapi semua pelayanan pelayaran penumpang di seluruh Indonesia.
Piagam Penghargaan Katagori Pelayanan Prima 2018 diterima PT. Dharma Lautan Utama
Perusahaan pengelola KMP. Dharma Rucitra 1, PT. Dharma Lautan Utama secaraq berturut-turut selalu mendapatkan penghargaan dari Pemerintah sebagai Pengelola Pelayaran Terbaik untuk katagori Pelayanan Prima  dari tahun 2015 samapai tahun 2019. Ini merupakan perestasi yang luar biasa. Prestasi ini terbukti dari kepuasan penumpang.

Selamat KMP Dharma Rucitra 1!

Sumber dan referensi :
-  dlu.co.id, Situs PT. Dharma Lautan Utama, Armada Pelayaran Nasional

Photografer : Azzahra R.

TheIndonesiaAdventure.com Team Writter
#TheIndonesiaAdventure