Pantai Ketapang, Pesawaran yang Dikelilingi Bukit-Bukit


Sensasi rasa pergi wisata ke pantai dan berenang di pinggir laut memiliki kebahagiaan yang tidak pernah dikalahkan oleh cara wisata lainnya. Aspek fisik dan rohaniah benar-benar terpenuhi semua. Apalagi bareng dengan keluarga sehingga aspek silahturahmi juga terpenuhi.

Jernihnya air di pantai Ketapang
Bawa makanan dari rumah, nasi panas, tempe, ikan asin, sayum asam, sambel terasi pedes dan lalapan disantap setelah lelahnya berenang bersama keluarga. Hamm ini ini benar-benar keluarga bahagia. Coba dech coba sensasi yang seperti ini di Pantai Ketapang yang ada di Pesawaran, Lampung.

Pantai Ketapang berada dan menjadi bagian dari indahnya Teluk Lampung. Sebelum ke Pantai Ketapang kita akan melalui Pantai Mutun dan juga Pantai Sari Ringgung. Dari sini lanjut akan ketemu lagi dengan Pantai Dewi Mandapa. Yah itulah Lampung banyak sekali objek wisata pantainya.

Panggung yang digunakan untuk naik perahu
Pantai Ketapang atau juga sering disebut sebagai pantai Klara. Disebut pantai Klara artinya kelapa rapat. Memang banyak sekali pohon kelapa, bahkan sangat rapat antar satu dengan yang lainnya disisi-sisi pantai. Lokasi Pantai Ketapang terletak di Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Dulunya Lampung Selatan dan sekarang masuk ke Kabupaten Pesawaran.

Lokasi pantai ini dikelilingi oleh bukit-bukit. Sepanjang pantai ini berdiri pondokan-pondokan yang dapat digunakan untuk beristirahat dan duduk sambil melihat pemandangan laut teluk Lampung yang indah.

Untuk menuju kesana dari Bandar Lampung kita tempuh sejauh 30 Km, dengan jalan yang berkelok-kelok. Untuk masuk kepantai ini biayanya relatif sangat murah sebesar Rp. 25.000,- satu mobil berapapun isinya dan Rp. 5.000,- untuk satu motor.

Kalau sudah ke pantai ini bisa coba menyeberang ke Pulau Mahitam yang pemandangannya sangat indah dan masih alamai. Oh ya ada juga yang menyebutnya dengan sebutan Mak Itam, yah mungkin  karena logat jasa. Banyak turis Jepang yang sering ke Pulau Mahitam, mereka lebih suka menyelam (deving) disana. Entahlah mungkin mencari harta karun Nippon yang tertinggal kali. Hahaha...becanda.

Oh ya kalau Pulau Mahitam itu sudah berada di Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran. Hal yang paling menggemaskan kalau ke Pulau Mahitam kita bisa melihat ikan-ikan kecil berenang karena cernihnya. Bener-bener jernih sekali.

Disini juga ada area pasir yang putih, bersih, luas dan menjorok ke laut. Jadi tempat favorit untuk tiduran dipasir. Oke silahkan datang dan lihat sendiri ke indahannya.


 

Photografer : Azzahra R.