Keindahan Danau Ranau di Sumatra Selatan - Lampung pada Pagi Hari

Danau Ranau di Bagian Selatan Sumatra
Danau Ranau adalah salah satu destinasi cantik yang berada di Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaen Ogan Komering Ulu di Provinsi Sumatra Selatan.

Lokasinya menjadi bagian dari Wilayah Taman Nasional Bukit Barisan yang berada memanjang dari Selatan Sumatra sampai ke wilayah tengah Sumatra.

Luas area danau ini sebesar 125,9 km² yang merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba di Sumatra Utara. Kedalaman danau ini bisa mencapai 229 m. Danau ini merupakan tumpahan
Danau Ranau pada waktu pagi hari
dari Sungai Komering yang melintasi wilayah Sumatra Selatan. Munculnya Danau Ranau akibat dari aktivitas vulkanik yang mebelah permukaan tanah pada saat gempa besar di Sumatra dari dampak aktivitas
gunung berapi.

Iklim Danau Ranau yang sejuk karena masih banyak pepohonan dan vegetasi yang  terawat pada hutan kawasan. Bukit, lembah dan pegunungan menjadi ciri khas disini. Lembah terdalam ada pada pusat air Danau Ranau. Luasnya danau ini membuat kita yang berada di pinggirnya mengira berada di pinggir pantai.

Air danau ini sangat segar, bersih dan jernih. Sangat segar kalau kita berkumur-kumur dan cuci muka. Untuk mandi dan berenang sangat tidak direkomendasikan karena danau ini sangat dalam dan airnya juga bergelombang. Untuk profesional yang ahli berenang atau menyelam boleh saja asalkan pada waktu siang hari dan cuaca yang kondusif.

Bagi yang suka memancing tempat ini adalah surganya, karena banyak sekali ikan disini. Danau ini sangat diminati oleh pemancing. Ada banyak jenis ikan disini seperti ikan lele, nila, mujair, ikan emas, kepor, gurame, harongan,  patin dan masih banyak jenis ikan yang lain. Rasa ikan disini lebih gurih dan nikmat karena masih dalam lingkungan yang alami.
Gunung Seminung di Sumatra
Bagi yang suka aktifitas berfoto jangan lupa untuk tepat berada di pada pagi hari sekitar jam 6 pagi, kemudian siang hari pada jam 9 untuk mendapatkan langit biru bersama dengan Pegunungan Seminung yang hijau dan air Danau Ranau yang biru. Kombinasi warna natural yang tidak pernah dipungkiri keindahannya.


Dari lokasi ini terlihat jelas Gunung Seminung yang menjadi bagian terindah pemandangan di Danau Ranau. Gunung Seminung ini tepatnya berada pada perbatasan Kecamatan Sukau di Kabupaten Lampung Barat dengan Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.
 

Penginapan di Danau Ranau
Moda transportasi untuk mencapai kesini jika dari Lampung Barat bisa melalui Kota Liwa dengan trasnportasi ojek atau kendaraan umum dengan biaya sekitar Rp. 30 ribu. Jarak tempuh dari Kota Liwa - Lampung Barat ke Danau Ranau sekitar 31 Km yang ditempuh selama 45 menit - 1 jam perjalanan. 

Bisa juga melalui Marta Pura dari Kabupaten Oku Timur, Sumatra Selatan ke arah ke arah Muara Dua. Jarak yang ditempuhnya sekitar 20 km. Dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi dari Marta Pura ke Danau Ranau membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.  

Cottage di Danau Ranau
Untuk ke Martapura dari Bandar Lampung ditempuh dengan waktu sekitar 6 Jam perjalanan melalui Jalur Lintas Tengah Sumatra. Dari Bandar Lampung menuju Terbanggi Besar melalui tol sekitar 1 jam. Kemudian dari Terbanggi Besar ke Kota Bumi sekitar 1,5 jam dan dari Kota Bumi ke Bukit Kemuning sekitar 1,5 jam. Dari Bukit Kemuning ke Marta Pura ditempuh dengan perjalanan sekitar 2 jam. 

Bagi yang suka naik pesawat bisa melalui Bandara Gatot Subroto di Kabupaten Way Kanan melalui Bandara Beranti di Lampung Selatan. Jadwal penerbangannya sebanyak dua trip sepekan yaitu hari Selasa dan hari Kamis. Dari Bandara Gatot Subroto ke Marta Pura hanya sekitar 15 menit saja. Tinggal dilanjutkan dari Martapura ke Danau Ranau sekitar 1,5 jam perjalanan.

Destinasi Danau Ranau sangat cocok dengan keluarga. Ada banyak hotel, cottage, dan home stay disini. Lokasi penginapannya bahkan langsung berada di tepi danau. Kita bisa mendengar suara gemericik air pada saat kita tidur dan menginap disini.

Selamat adventure !

Photografer : Azzahra R.
TheIndonesiaAdventure.com Team Writter

Tag: Danau Ranau, danau