Melihat Keindahan Bukit Barisan dari Tugu Muli Batin Sekala Bekhak, Lampung Barat

Tugu Muli Batin Bumi Sekala Bekhak, Lampung Barat
Lampung Barat yang berada di paling barat dari Provinsi Lampung dan berhadapan langsung dengan lautan Samudra Hindia memang memiliki alam yang eksotik dengan iklim yang sejuk khas dataran tinggi.

Kabupaten Lampung Barat merupakan pecahan dari Lampung Utara ini telah menjadi kabupaten yang mandiri sejak  tanggal 16 Agustus 1991 yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara dengan pusat administrasi berada di Kota Liwa. Dibagian utara dari Kabupaten Lampung Barat berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Bengkulu.

Pemandangan Taman Nasional Bukit Barisan
Sepanjang wilayah kabupaten ini dari selatan sampai ke utara berbaris hutan dan satwa  terlindungi dengan gunung dan bukit yang sebagian besar berada pada Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan.

Sebagian besar kawasan Taman Nasional Bukit Barisan tersebut berada di Lampung Barat. Kawasan ini merupakan area terpelihara yang mengandung ekosistem alami hutan tropis yang masih terjaga dengan varian vegetasi khas Pulau Sumatra. Hamparan luas bukit dan pegunungan menjadi ciri sendiri dari kawasan ini.

Untuk  melihat pemandangan alam kawasan Bukit Barisan kita tidak perlu harus berada disana, cukup berada diposisi yang cukup tinggi di Tugu Muli Batin Bumi Sekala Bekhak yang berada di Kecamatan Sumber Jaya. Tugu ini berhadapan langsung dengan area rest area dengan masjidnya yang indah dan megah.

Iklim di lokasi ini cukup dingin dengan hembusan angin dari hutan tropis dari kawasan Hutan Lindung Taman Nasional Bukit Barisan menjadi sensasi tersendri jika kita berada disini.

Tugu Sekala Bekhak ini berupa taman dan tugu patung Muli Batin yang menjadi ciri dari budaya Lampung SAIBATIN.  Tugu  tersebut menggambarkan seorang putri (muli) raja dan para prajurit pengawal dari Raja Paksi Pak Sekala Brak.

Untuk mencapai lokasi ini ditempuh selama 5 jam perjalanan darat melalui Jalur Lintas Tengah Sumatra dari Bandar Lampung. Perjalanan melalui kota-kota utama di Lampung yaitu Bandar Jaya, Kota Bumi, Bukit Kemuning dan Kecamatan Sumber Jaya di Lampung Barat.


Dari kawasan ini kita bisa menuju banyak destinasi wisata di Lampung Barat yang sangat  menarik, tentu salah satu yang menarik adalah Taman Nasional Bukit Barisan dengan vegetasi alam dan ekosistem alami dan merupakan taman nasional terbesar di Indonesia.


Pemandangan yang paling terbaik berada di lokasi ini pada pagi sekali sekitar jam 5.30 WIB sampai jam 6.30 WIB karena akan mendapatkan pemandangan yang menarik dengan matahari terbit dan pemandangan yang indah.

Didepan dari Tugu Muli Batin ada masjid yang memiliki arsitektur sangat indah, tepat berhadapan pada seberang jalan Lintas Liwa Lampung Barat. Masjid ini yang berada dikawasan rest area ini menjadi tempat yang nyaman untuk istirahat sejenak dari perjalanan di lintas barat Sumatra yang penuh  kelok dan naik turun.

Banyak para pengunjung yang solat dan sekedar duduk-duduk menikmati udara sejuk dan angin dari Kawasan Bukit Barisan.


Photografer : Azzahra R.

The Indonesia Adventure Team Writter
#TheIndonesiaAdventure