Tidak Cuma Pantai, Bali Juga Ada Danau Bedugul

Pasilitas Boat di Danau Bedugul
Jangan disangka bahwa Bali hanya mengandalkan keindahan pantai dan laut. Ternyata di Bali juga ada danau loh. Namanya Danau Bedugul atau juga disebut Danau Beratan.

Danau ini merupakan sebuah danau yang berada di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturit, Kabupaten Tabanan, Bali. Lokasi ini berjarak sekitar kurang lebih 50 km dari Denpasar atau 70 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Kita membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2,5 jam perjalanan darat. Banyak moda transportasi menuju kesana, ada penyewaan kendaraan, bus, atau juga taxi, tetapi yang lebih umum untuk perjalanan dengan keluarga lebih baik memilih penyewaan kendaraan saja, tetapi jika kita berangkat dengan sedikit orang bisa dengan menumpang bus yang menuju ke Tabanan.


Bedugul termasuk diwilayah yang cukup tinggi sekitar  1200 - 1450 meter dari atas permukaan laut. Alam pegunungan yang indah dan danau biru yang luas, dengan fasilitas wisata disekitar danau membuat lokasi ini dibanjiri wisatawan dari manca negara dan juga domestik. Luas Danau 3,8 Km.

Disekeliling danau penuh dengan hutan cemara dan pepohonan hijau dari pergunungan yang sejuk.  Hutan diperbukitan hijau yang lebat yang diselimuti oleh kabut yang tebal.

Berbeda dengan tempat wisata Bali pada umumnya yang mengandalkan pantai dan laut. Wisata di Bedugul ini lebih mengarah kepada keindahan perbukitan dan danau.

Kalau anda ingin datang kesini sebaiknya pilih di cuaca yang cerah dan jam masih siang antara jam 8 pagi sampai jam 16. Pada jam-jam itu pemandangan bisa lebih cantik dengan langit biru dan pegunungan hijau cerah dan warna laut yang biru kehijauan.  Tetapi kalau terlalu pagi atau terlalu sore maka kabut akan sangat tebal dan mengurani pemandangan. Bagi yang suka photografi masalah ini sangang penting sekali agar mendapatkan gambar photo yang cantik.

Memang kabut disini sangat tebal dan terasa diwajah kita jika kita berkeliling danau dengan perahu atau speed boad. Ada terasa wajah kita tertempa oleh dinginnya kabut danau yang tebal. Sering kali kita tidak dapat melihat pemandangan gunung yang indah dan hijau jika kabut sedang tebal.

Ada beberapa objek menarik disekitar Danau Bedugul seperti Pura Ulun Danu Beratan, hutan cemara, Bedugul Wana Villas,  Kebun Raya Eka Karya, Lapangan Golf Bali Handara, restauran di atas air dan berbagai penyewaan speed boad atau perahu.

Pura Ulun Danu Beratan tercatat dalam babad sejarah Bali di Babad Mangwi yang didirikan pada abad ke-17.  Pura ini termasuk salah satu situs sejarah yang dilindungi.

P:ura Ulun Danu terletak tepat dipinggir Danau Bedugul dan berada dipelataran yang agak menjorok ke air. Pura ini cukup megah dengan bentuk yang berciri khas Bali.  Para wisatawan yang sedang berada diperahu ditengah danau dapat menyaksikan pura ini dari kejauhan atau mengabadikannya kedalam photo.

Keindahan pura ini bahkan diabadikan di uang pecahan rupiah lima puluh ribuan. Kalau anda penasaran bisa anda lihat sekarang. Pura ini akan sangat ramai pada saat Festival Piodalan yang akan dikunjungi oleh masyarakat Bali Hindu yang akan melaksanakan ritual.

Kawasan Danau Bedugul juga memiliki taman bunga yang indah dan menarik wisatawan dapat menyaksikan berbagai tanaman bunga dan lebatnya hutan cemara disekitar danau.

Photografer : Adli Irvansyah dan Yudie