Ingin Ke Puncak Lagi? Mari ke Cianjur Yuk!


Salah satu sudut di kawasan ramai Cianjur
Siapa yang tidak kenal dengan kawasan puncak yang selalu ramai dengan pengunjung apalagi pada akhir pekan. Betapa macetnya jalan dari Jakarta ke pucak setiap menjelang libur atau pada Jumat sore atau Sabtu pagi.  Itulah magnet luar biasa dari kawasan puncak.

Magnet itu juga ada pada salah satu kabupaten di Jawa Barat ini, yaitu Kabupaten Cianjur yang memiliki demikian banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Wilayah Kabupaten Cianjur yang tergolong luas mencakup 3.840 km²  di sisi agak ke selatan dari Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini tergolong berpenduduk lebih renggang dibandingkan dengan tetangganya Kabupaten Bogor  dan Kabupaten Purwakarta yang penduduknya lebih banyak. Jumlah penduduk Cianjur kurang lebih 2,4 juta warga.

Daerah penduduk Cianjur diantara lembah dan bukit
Pemandangan indah pada lokasi yang cukup tinggi. Iklim yang sejuk dan segar dan masyarakat yang ramah dan welcome sudah menjadi modal yang besar bagi kabupaten ini untuk menjadikan wisata sebagai komoditas unggulan.

Ada puluhan destinasi yang bisa didatangi di kawasan ini. Kali ini TheIndonesiaAdventure akan mengulasnya beberapa yang paling banyak pengunjung dan paling banyak peminatnya, tapi yang belum diulas bukan berarti tidak menarik looh karena semuanya benar-benar alami dan menarik, hanya masalah waktu dan kesempatan saja.

Ciri yang paling terlihat jika berjalan menyusuri daerah Cianjur adalah perkebunan teh yang luas, hijau, segar dan indah.  Berderet-deret petakan-petakan hijau kebun teh naik dan turun dari dataran dengan kontur yang tidak rata menjadikan kebun teh ini sangat menarik untuk menjadi objek sasaran photo wartawan wisata.

Biasanya kalau ketemu pemandangan kebun teh jangan harap kamera nganggur, selalu ada greget untuk mengambil gambar-gambar indah itu. Kelemahannya ya kadang di sopirnya yang kurang toleran waktu ingin menjepret gambar. Buru-buru terus! Hehehe curhat dikit.
Kebun Sayuran di Cianjur

Selain tanaman teh yang banyak menghiasi Cianjur, tanaman sayuran juga cukup banyak. Hawa dingin dan tanah yang subur dan hujan yang sering turun telah memberikan berkah bagi para petani sayur di Cianjur, karena Cianjuur adalah sentra penghasil sayur. Sayuran ini banyak di pasok untuk daerah-daerah sekitar Jakarta, Bogor, Bandung dan sekitarnya.

Wisata Gunung Gede

Gunung Gede adalah satu satu destiansi wisata di Cianjur. Bagi yang suka trakking atau haking tempat ini cocok untuk melakukan adventure. Gunung Gede adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.  

Gunung Gede memiliki pada posisi tertinggi pada 2958 meter. Gunung Gede termasuk gunung aktif yang bertype stratovolcano, bahkan gunung ini pernah meletus pada tahun 1957. Posisi Gunung Gede tidak seluruhnya berada di Kabupaten Cianjur ada sebagian wilayahnya masuk dalam administrasi Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Pantai Jayanti

Di bagian selatan dari Kabupaten Cianjur adalah laut selatan Jawa. Salah satu tepi pantainya adalah destiansi yang menarik yaitu Pantai Jayanti yang terletak di Kecamatan Cidaun. Pantai ini terkenal dengan pantai pasirnya yang bersih dan terhampar luas. Pantai Jayanti banyak didatangi oleh wisatawan lokal dan domestik. Posisi Pantai Jayanti masih cukup jauh dari Kota Cianjur yaitu sekitar 139 km.    

The Litte Venice Cipanas

Ingin melihat kota Venice yang di Italia? jangan jauh-jauh di Cianjur juga ada, destinasi ini diberi nama The Little Venice yang berada di Kecamatan Cipanas, Cianjur. Di sini ada danau buatan dan kapal-kapal pengangkut yang berjalan melalui saluran di kota-kota mirip dengan yang ada di Kota Venice. Di sini juga ada taman bunga yang tanamannya beraneka ragam.


Curug Citambur

Melihat jernih dan segarnya air juga ada destinasinya, yaitu di Curug Citambur. Disini panoramanya sangat indah dan pempesnoa. Rasakan juga sensasi suara air yang jatuh dari ari terjun Citambur. Bagi yang suka mengambil photo alam yang masih alami disinilah tempatnya.