Ke Batam yuk! Melihat Indahnya Sunset di Pantai Batam, Kepulauan Riau

Kota Batam menjadi salah satu wilayah dari Provinsi Kepulauan Riau. Provinsi ini adalah provinsi dengan wilayah yang paling banyak memiliki pulau-pulau yang menyebar di antara Pulau Sumatra, Malaka (Malaysia) dan Singapura.

Wilayah perairan Kepaulauan Riau lebih luas dibandingkan dengan daratannya. Sehingga wajarlah jika diberi nama Kepulauan Riau (Kepri). Wilayah perairan Kepri teramsuk dalam bagian dari Selat Malaka yang menjadi lalu lintas transportasi perairan yang sangat strategis dan penting.

Keindahan Pantai Batam pada waktu sunset
Pulau Batam sudah dihuni sejak ribuan tahun lalu, atau sekitar 231 Masehi oleh orang-orang Melayu Kuno. Orang-orang yang tinggal disini pada masa itu disebut Orang Selat, karena ada antara dua pulau yang besar yaitu Pulau Andalas (Sumatra sekarang) dan Pulau Malakka (Malaysia sekarang). Batam juga termasuk wilayah trasnportasi penting bagi Kerajaan Sriwijaya pada masa lalu.

Pantai Batam di saat sunset
Batam yang dulunya terkenal dengan istilah Otorita Batam yang dikelola oleh Badan Otorita Batam (BOB) pada zaman Orde Baru.  Sekarang ini sesuai dengan kondisi di zaman reformasi, Batam sama dengan daerah lainnya yang berada pada administrasi pemerintah daerah, yaitu Pemda Kota Batam.

Kota Batam termasuk kota dengan penduduk yang cukup banyak dan padat, lebih dari satu juta jiwa. Batam juga saat ini menjadi kawasan industri yang maju, dengan banyaknya investasi dan industri besar di sana. Salah satunya adalah industri kapal laut.

Kota Batam terdiri dari tiga pulau besar yang berpenduduk padat, yaitu Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang. Pulau-pulau ini terhubung melalui jembatan Barelang.

Pulau Batam menjadi tempat persinggahan sementara bagi banyak wisatawan domestik yang ingin pergi ke Singapura melalui jalur laut. Pada umumnya naik kapal Ferry dari pelabuhan Batam ke HarbourFround yang berada di Singapura. Ingat bawa paspor ya kalau mau menyeberang ke Singapura. 

Aktifitas kapal-kapal di kawasan industri Batam
Sebenarnya tidak perlu ke Singapura karena saat ini Kota Batam juga sudah mulai banyak memiliki destinasi wisata yang menarik.  Selain asik untuk wisata citytour. Batam juga memiliki beberapa pantai dengan pasir putih dan pemandangan yang indah. Pantai-pantai ini termasuk masih dekat dijangkau dari pusat Kota Batam.

Salah satu pantai yang manarik untuk dikunjungi adalah Pantai Marina. Pantai ini masih dekat dengan lokasi pusat Kota Batam. Terletak di kelurahan Tanjung Riau Kecamatan Sikupang. Selain itu pantai yang biasa dikunjungi juga ada Pantai Sekilak, terletak di Batu Besar, Nongsa, Kota Batam.

Selain bisa bersantai sambil menyaksikan pantai yang indah, dikawasan ini juga banyak kuliner sea food yang lezat.  Seperti ikan bakar, udang, kepiting, siput-siput laut dan sebagainya.

Pemandangan sore hari pada kawasan pantai ini sangat menarik untuk menunggu matahari terbenam. Sambil melihat aktivitas kapal-kapal yang melaju dan juga melihat kawasan industri perkapalan di Batam.

Aktifitas kapal-kapal di kawasan industri Batam
Photografer : Cohri

#TheIndonesiaAdventure
The Indonesia Adventure Team Writter

Tag: Batam, Pulau Batam