Pulau-Pulau Indah di Provinsi Gorontalo

Pulau-Pulau di Gorontalo. Provinsi Gorontalo yang ada dibagian timur dan utara Indonesia berada Semenanjung Gorontalo (Gorontalo Peninsula) di Pulau Sulawesi. Provinsi yang mendapat julukan “Serambi Madinah” ini didirikan pada tanggal 5 Desember 2000, dan beribukota di Kota Gorontalo. Luas dari wilayah Provinsi Gorontalo adalah 12.435,00 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.166.142 jiwa  pada tahun 2018.

Salah satu tokoh nasional kita, Presiden Ketiga Indonesia, Alm. Prof. DR. Ing. B.J. Habibie berasal dari Provinsi Gorontalo. Banyak tokoh nasional lainnya yang berasal dari Gorontalo. Para tokoh yang banyak menyebar di seluruh Indonesia ini karena masyarakat Gorontalo suka merantau.

Merupakan budaya orang Gorontalo yang suka merantau mirip dengan budaya Minang Sumatra Barat yang juga para lelakinya suka merantau. Para perantau (diaspora) Gorontalo menyebar di seluruh Nusantara bahkan juga dunia. Menurut Wikipedia.org, Jumlah diaspora orang Gorontalo bisa mencapai lima kali lipat dari jumlah penduduk Gorontalo yang tinggal di Provinsi Gorontalo.

Istilah Gorontalo pada masa lalu bermula dari nama salah satu Kerajaan Hulontalang. Istilah Hulontalangi artinya adalah lembah mulia. Dari nama kerajaan inilah akhirnya muncul nama Gorontalo.
Kewargaan dari suku Gorontalu berasal dari persekutuan dan perserikatan 5 kerajaan di wilayah Gorontalo yang disebut dengan istilah ”Limo Lo Pohala'a.”

Letak Provinsi ini sangat unik karena berada di ujung barat utara dari Pulau Sulawesi. tepatnya di bagian barat dari Provinsi Sulawesi Utara. Wilayah Gorontalo juga memiliki area perairan yang cukup luas plus dengan keberadaan pulau-pulau yang sangat indah. Beberapa pulau-pulau itu yang sering menjadi destinasi wisata yaitu Pulau Saronde , Pulau Cinta,  dan Pulau Diyonumo.

Sebenarnya banyak sekali pulau-pulau di Gorontalo, karena posisi wilayah Gorontalo yang berada di wilayah ujung Sulawesi dan wilayah perairan yang merupakan kepulauan. Seperti Pulau Burung Besar, Pulau Burung Kecil, Pulau Karang, Pulau Karanji, Pulau Mabasar, Pulau Madiki, Pulau Maraati, Pulau Maruangi,
Pulau Menara, Pulau Pajongge Da'a, Pulau Pajongge Kiki, dan lainnya masih banyak yang belum disebutkan. Demikian banyaknya pulau-pulau di Gorontalo maka focus ulasan wisata kita tiga pulau dulu, yaitu Pulau Saronde , Pulau Cinta,  dan Pulau Diyonumo.

Masing-masing pulau memiliki ciri khas dan keindahan sendiri. Ini merupakan potensi yang besar di bidang Pariwisata bagi Provinsi Gorontalo untuk menarik wisatawan domestik atau juga mancanegara untuk  menikmati wisata alam yang masih alami.

Pulau Diyonumo 

Pulau Diyonumo, Provinsi Gorontalo. Photo by rri.co.id.

Pulau Diyonumo yang terletak di Desa Deme II Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo. Pulau ini memiliki pantai pasir putih yang bersih dan alami, Di pulau cantik ini juga memiliki sebuah bukit yang akan membuat takzub saat mata memandangnya.

Untuk dapat berkunjung ke Pulau Diyonumo Anda dapat menggunakan perahu/kapal dengan berlayar selamar 10 menit dari Desa Deme 2. Perahu-perahu tersebut disebut dengan katinting yang sudah biada disewakan kepada para wisatawan yang datang kesini.

Untuk menuju Desa Deme 2 dari Kota Gorontalo bisa menggunakan mobil atau motor Ke Kecamatan Sumalata. Dari Kota Gorontalo ke Sumalata membutuhkan waktu perjalanan selama kurang lebih 2-3 jam.  Setelah sampai di Kecamatan Sumalata silahkan sampaikan ke supir kendaraan untuk ke Desa Demi 2 untuk naik katinting. Biasanya mereka sudah paham.

Begitu kita sampai di pulau itu kita akan menyaksikan bersihnya air dan pasir yang bisa kita buat untuk tiduran di pantai. Kita juga bisa berenang, tetapi sebaiknya menggunakan baju pelampurng agar aman. Kegiatan lainyang menarik adalah  memancing untuk membakar ikannya. Akan lebih baik kita sudah siapkan nasinya dari rumah agar wisata terasa lengkap dengan makan dipinggir laut di pulau yang indah.

Pulau Cinta


Pulau berukuran kecil dengan bentuk yang unik berbentuk tanda love yang indah dengan bentangan pasir putih didalamnya.  Pulau ini terletak di selatan daratan Gorontalo. Karena ukurannya yang kecil pulau ini tidak berpenghuni, tetapi dikembangkan menjadi kawasan resort dengan fasilitas yang sangat baik.
Ada yang menyebut Pulo Cinta  dengan sebutan Maldives ala Indonesia. Karena bentuk yang indah mirip seperti Pulau Maldivas di Argentina, Amerika Latin.

Pulau Cinta di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Photo By : @pulocinta

Untuk mencapai pulau ini dari Bandara Jalaluddin Gorontalo, Anda bisa melakukan perjalanan ke Kabupaten Boalemo, tepatnya di Kecamatan Tilamuta selama 2 jam dengan  menggunakan bus atau mobil sewaan.

Sesampai di Tilamuta perjalanan Anda dilteruskan dengan menggunakan perahu motor atau boat langsung ke Pulau Cinta.  Perjalanan ini membutuhkan waktu pelayaran kurang lebih sekitar 30 menit.

Pulau Saronde

Pulau Saronde wilayah perairannya masuk Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kab. Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Pulau kecil tetapi indah ini menjadi destinasi yang sudah banyak dikenal wisatawan baik lokal maupun mancanegara.  Para penduduknya pun selain sebagai nelayan juga mengandalkan potensi wisata. Bisa dibilang warganya sudah sadar wisata karena sudah menjadi satu dalam perekonomian di pulau ini.

Pulau Saronde Kab. Gorontalo Utara. Air laut sangat jernih. Photo by gorutkab.go.id.

Pulau Saronde berada di utara dari Teluk Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Bila hendak melihat keindahan Pulau Saronde, Untuk mencapai Pulau Saronde dari Kota Gorontalo. Anda pertama menuju Pelabuhan Kwandang di Teluk Kwandang dengan menggunakan kendaraan umum berupa bus atau mobil sewaan atau juga bisa menggunakan bentor (bendi motor).

Jaraknya sekitar 50 km dengan perjalanan menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam. Dari sini bisa dilanjutkan dengan naik perahu penumpang berukuran besar menuju Pulau Saronde. Waktu yang dibutuhkan untuk berlayar sekitar 45 menit. Selama perjalanan kita akan menyaksikan pemandangan yang indah dan bisa sambil berphoto ria diata perahu.

TheIndonesiaAdventure.com Team Writter

Tag. : Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Pulau di Gorontalo, Pulau Saronde, Pulau Cinta, Pulau Diyonumo, wisata Gorontalo, Kota Gorontalo