Pantai Rambat Pantai Spesial Berbatu di Sungailiat Pulau Bangka

Pulau Bangka yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ternyata banyak juga memiliki lokasi yang indah dan sangat menarik untuk di kunjungi. Pantai Bangka ini pada masa lalunya adalah pulau penghasil timah di Indonesia. Bahkan jumlah produksinya nomor dua di dunia.


Pantai Rambat di Kecamatan Sungailiat Pulau Bangka
Pantai Rambat di Kecamatan Sungailiat Pulau Bangka


Pada masa lalunya Pulau Bangka adalah bagian dari wilayah Kesultanan Bangka Belitung sebelum Inggris masuk ke Nusantara di awal abad ke-19. Pada saat di pangkuan Republik Indonesia pulau ini masuk ke Provinsi Sumatra Bagian Selatan,   kemudian masuk ke Provinsi Sumatra Selatan dan akhirnya saat pemekaran menjadi bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


Pantai Rambat Sungailiat Pulau Bangka
Berayun di bawah pohon, Pantai Rambat Sungailiat Pulau Bangka


Pada Abad ke-7 Kerajaan Sriwijaya yang pernah menguasai sebagian Asia Tenggara juga pernah menguasai Pulau Bangka. Kerajaan ini membuat  Prasasti Kota Kapur yang bertarik 686 Masehi yang merupakan pertanda sebagai bagian dari wilayah kekuasaan Sriwijaya.


Sebagai sebuah pulau tentunya daerah pantai adalah lokasi favorit wisatawan, seperti yang ada di Pantai Rambak di Kelurahan Jelitik, Kota Sungailiat ini yang jaraknya 10 km dari pusat Kota Sungailiat.


Banyak pengunjung yang datang kesini saat pagi hari sebelum matahari terbit, karena penampakan sunrise di pantai Rambak ini sangat mempesona. Datang lebih pagi kesini juga karena suhu udara masih dingin dan segar.


Mereka juga biasanya datang sambil berolahraga lari pagi atau bersepeda karena letaknya tidak jauh pusat Kota Sungailiat. Sehabis olah raga dan menikmati pantai akan lebih seru lagi dengan mencari sarapan disini. Banyak pedagang yang menjual es kelapa muda juga ada makanan hangat seperti tekwan.


Pantai yang langsung menghadap laut lepas di sisi utara Indonesia ini memiliki ciri khas adanya batu-batu hitam granit besar. Batu-batu yang tersusun cukup lebar secara alami ini bisa menjadi tempat nongkrong yang asik. Bebatuan ini menjorok ke laut yang membentuk tempat yang luas. Di atas-atas batu inilah pengunjung selfie dan duduk-duduk sambil menikmati ke indahan pantai Rambak ini. 


Selain gugus batuan granit pantai ini juga memiliki bentangan pantai pasir halus yang cukup luas dan masih sangat alami dan bersih. Bentuk pantainya juga sangat landai. dan cukup aman untuk bermain air atau juga berenang.


Kalau ingin ke Rambak dari Kota Pangkal Pinang sejauh 30 km. Untuk masuk ke kawasan pantai ini masih sangat murah yaitu cukup membayar Rp. 3000,- saja per orang dan dapat menikmati suasana pantai disini sepuasnya. 


Kalau pergi bersama keluarga kita juga bisa menyewa tempat untuk duduk-duduk atau makan bersama berupa saung. Kita juga bisa menyewa tempat  tiduran berupa kain yang dibentangkan diantara pepohonan.  Dari pantai Rambak ini kita juga bisa menyaksikan kapal laut yang berlalu lalang didekat pantai ini.


The Indonesia Adventure


Tag. : Bangka, pulau bangka, wisata di pualu bangka, pantai rambat, pantai rambat sungailiat, provinsi bangka belitung, trip to bangka, wisata ke pantai rambat, pantai rambat berbatu