Rendang Padang Kuliner Khas Minang yang Mendunia

Rendang daging sapi sudah jadi resep dunia yang citra rasanya sudah diakui kelezatannya oleh para penggemar kuliner internasional, seperti penobatan yang disematkan oleh CNN Internasional pada World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) pada tahun 2011.


Memasak Rendang Padang yang enak
Memasak Rendang Padang yang enak.


Untuk memperkuat image Rendang Padang disekala nasional pada tahun 2018 Pemerintah Indonesia juga telah menetapkan lima hidangan istimewa secara nasional yang salah satunya adalah Rendang Padang.


Asal Rendang Padang


Rendang daging sapi yang merupakan kuliner asli masyarakat Minangkabau di Sumatra Barat ini merupakan resep turun temurun yang telah menjadi tradisi dan masakan kebanggaan masyarakat Sumatra Barat dan juga seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya.


Terminologi Rendang


Istilah rendang yang mengacu pada menu masakan Rendang Padang berasal dari istilah dalam bahasa Minang yaitu "randang"  atau "merandang" yang memiliki arti teknik memasak dengan mengolah dan mengaduk-aduk masakan dengan waktu yang lama dan menggunakan api kecil. Teknik memasang ini menghasilkan masakan yang lebih kering tetapi tahan lama dan tidak mudah basi. Daging akan jauh lebih empuk dan citra rasa bumbu juga sangat meresap dan menyebar.


Rendang Padang Berkah dari Kekayaan Bumbu Nusantara


Cara membuat rendang padang jadi enak


Indonesia yang terkenal sebagai sumber bumbu masakan dunia sudah diakui sejak masa bangsa Eropa datang mencari rempah-rempah di Nusantara. Keberadaan rempah-rempah dan kekayaan bumbu ini telah melahirkan berbagai kuliner lezat asli Indonesia, termasuk Rendang Padang yang proses memasaknya banyak menggunakan berbagai bumbu.


Rendang Padang Menyebar ke Penjuru Dunia


Bagi masyarakat Indonesia sangat mudah untuk menikmati rendang Padang, kita tinggal mencari Rumah Makan Padang yang hampir ada pada semua kota di Indonesia. Bahkan rumah makan berkonsep Rumah Makan Padang di Indonesia ini sudah ada juga di negara-negara tetangga seperti di Malaysia,  Brunai Darussalam, Singapura, Thailand dan bahkan juga sudah ada di Amerika Serikat dan Arab Saudi. Di rumah makan makan Padang inilah tempat untuk menyantap dan menikmati masakan Padang, termasuk juga rendang Padang.


Sejarah Rendang Padang


Sejarah Rendang Padang seperti yang dilansir di situs di Minangkabausiana.bpa.sumbarprov.go.id, Rendang Padang ternyata memiliki sejarah sejak Abad ke -16 terkait dengan kerajaan-kerajaan Melayu di Pulau Sumatra.  Masyarakat Minang yang memiliki tradisi merantau sudah menyebarkan masakan rendang Padang pada berbagai pulau dan berbagai negeri di Asia Tenggara.


Seperti yang disampaikan oleh Prof. Dr. Gusti Asnan menduga keberadaan rendang  sudah menjadi kuliner yang menyebar luas sejak orang Minang merantau ke negeri Malaka untuk berdagang berkisar pada abad ke-16. 


Rendang Padang juga masuk dalam khasanah kesusastraan Melayu klasik, Salah satu karya sastra yang menyebutkan masakan rendang  adalah Hikayat Amir Hamzah. Tulisan hikayat Melayu tua ini menjadi bukti bahwa kelezatan rendang sudah dinikmati oleh masyarakat Melayu, khususnya di Sumatra Barat sudah sangat lama atau setidaknya sejak tulisan sastra Melayu itu lahir di era 1550-an atau pertengahan abad 16 Masehi. Tentunya keberadaan masakan rendang sudah lebih tua lagi dari era ini 


Dalam budaya masyarakat Minangkabau, keberadaan masakan rendang tidak sekedar makanan, tetapi  juga memiliki makna filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang di Sumatra Barat yang pada umumnya sangat religius dalam memandang kehidupan.


Seperti dagiang syapie atau daging sapi diperlambangkan sebagai “Niniak Mamak” sebagai pemimpin suku adat Minang yang matrilinel atau sistem keturunan berdasarkan dari darah ibu atau ummi. Rendang juga menggunakan santai kelapa. Kelapa atau dalam Minang disebut karambia diperlambangka. sebagai "Candiek Pandiai" atau kaum intelektual dan menggunakan "Lado" atau cabai yang diperlambangkan "Alim Ulama" yang mengajarkan agama. Setelah itu berbagai bumbu-bumbu yang diperlambangkan keseluruhan masyarakat Minang.


Lain Kota Lain Rendangnya


Ada banyak versi resep kuliner rendang Padang perbedaan ini bisa berasal dari perbedaan asal tempat Seperti perbedaan rendang Padang Bukit Tinggi dengan resep rendang ala masyarakat Kota Padang, tetapi perbedaan ini tidaklah besar. Perbedaan ini bisa berupa bumbu atau teknik memasak, tetapi memiliki citra rasa yang sama-sama enak atau atau ada sedikit perbedaan saja. 


Rendang Padang basah dengan kalio


Rendang Bukit Tinggi terlihat lebih hitam dan kering, sedangkan rendang Kota Padang lebih berwarna kemerahan kuning atau coklat. Rendang Kota Padang juga lebih bervariasi dengan sedikit tambahan bumbu.


Perbedaan rendang ini juga ada pada kota-kota lain di Sumatra Barat, tetapi masyarakat Minang di Sumatra Barat seakan-akan sudah memiliki konsensus dimasyarakat Minang Sumatra Barat untuk menjadikan Kota Padang sebagai ikon masakan masyarakat Minang, alhasil semua masakan dan kuliner Minang disebut sebagai Masakan Padang, Rumah Makan Padang dan Rendang Padang.


Kuliner dengan Pengembangan Bumbu Rendang


Saat ini olahan rendang semakin meluas, olahan bumbu rendang dengan santan dan bahan rempah-rempah juga tidak hanya berupa rendang daging sapi, tetapi juga bisa berupa rendang daging ayam atau rendang ayam.


Membuat Rendang yang Praktis


Dilihat dari teknik membuatnya untuk masyarakat perkotaan yang sibuk membuat rendang juga bisa dengan cara praktis. Saat ini sudah tersedia produk bumbu rendang satu paket yang sudah tercampur berbagai bumbu, tinggal ditambah dengan santan kelapa. 


Jika di kota sulit mencari santan, bisa dengan santan kemasan yang banyak dijual di supermarket atau minimarket. Ada tersedia berbagai merek santan kemasan, tetapi ingat sebelum membeli baca dulu masa kedaluwarsanya., sebaiknya pilih produk santan kelapa dengan waktu produksi terbaru.  Berbeda dengan paket bumbu, santan kelapa lebih mudah basi.


Untuk memasaknya juga tidak harus berjam-jam ala rendang Minang asli, dengan kompor gas yang ada kita bisa memasak rendang sampai matang dan daging empuk dengan menutup panci sekitar 30 menit sampai 45 menit. Setelah itu diaduk-aduk agar posisi daging yang dibawah pindah ke atas bergantian.


Untu memasak praktis memasak rendang juga tidak harus sampai kering, tetapi cukup mendapatkan kuah Kalio atau kuah basah. Tentunya hal ini  tergantung selera Sobat Pembaca. 


Terkadang ada yang suka kuah Kalio rendang untuk makan dengan nasi panas, ini nikmat sekali. Pada saat lebaran kuah Kalio rendang  ini juga bisa dijadikan kuah ketupat.


Resep Rendang Padang yang Lezat


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rendang yang lezat, yaitu:

• 1 kilogram daging sapi, berupa daging khas tanpa lemak.

• 2 batang serai digeprek dulu.

• 6 helai daun jeruk purut.

• 4 lembar daun salam

• 2 sdt garam

• 1 sdt jintan bubuk

• 1 sdt lada hitam ditumbuk atau juga yang sudah berupa bubuk.

• 2 ruas lengkuas digeprek dulu

• 4 cm kayu manis

• 2 sdt gula merah aren

• Jeruk nipis secukupnya.

• 1 liter santan kelapa


Bumbu rendang padang yang dihaluskan, yaitu:


• 8 siung bawang putih ditumbuk halus 

• 12 siung bawang merah

• 4 butir kemiri

• 1 sdt ketumbar

• 6 cabai merah yang dibuang bijinya dan ditumbuk, jika berselera pedas bisa ditambah capai rawit sesuai selera 

• 4 cm kunyit ditumbuk halus.

• 6 cm jahe dibersihkan kulitnya dan ditumbuk halus 


Proses dan langkah-langkah memasak rendang padang:

1. Pertama-tama cuci bersih dulu daging sapi, setelah itu potong-poting daging dengan ukuran sesuai selera. Daging yang sudah dicuci dan dipotong-potong disiram dengan  perasan jeruk nipis secukupnya. Daging diaduk-aduk dan ditekan-tekan agar air jeruk nipis meresap. Pengasaman dengan air jeruk nipis ini membuat daging lebih mudah empuk waktu dimasak.


2. Langkah berikutnya campurkan semua bumbu yang sudah dihaluskan diatas, kemudian ditumis dengan ditambah daun serai, daun jeruk purut, daun salam dan kayu manis serta lengkuas sampai bumbu mengeluarkan wangi sedap dan matang.


3. Selanjutnya masukan daging sapi sambil diaduk-aduk sampai bumbu merata dengan api kecil. Selanjutnya masukkan santan kelapa sedikit-sedikit sambil terus diaduk. Tutup panci dan dibiarkan sekitar 10 menit kemudian buka dan aduk kembali.


4. Setelah itu masukkan garam, jintan, kaldu, lada dan gula aren. Diaduk-aduk selanjutnya diamkan sampai 15 menit atau kira-kira semua bumbu sudah meresap. Aduk-aduk kembali dan biarkan sampai air santan agak mengering.


5. Selanjutnya jika ingin ada kentang masukkan kentang yang telah kupas dan dipotong-potong. Aduk-aduk kembali dan tunggu sampai daging dan kentang telah empuk.


Langkah selanjutnya siap sajikan dan makan dengan nasi panas dan sambalado hijau. Hamm sedaaap.


The Indonesia Adventure


Tag, :

Rendang Padang, rendang minang, rendang minangkabau, cara membuat rendang padang, kuliner padang, Indonesia Adventure, masakan rendang yang lezat, rendak enak, membuat rendang yang enak, terminologi rendang, sejarah rendang, asal usul rendang, rendang praktis, cara membuat rendeang yang praktis, tips enak buat rendang