Cara Membuat Kue Lapis Legit Khas Lampung yang Lezat

Tradisi di saat menjelang lebaran dengan membuat hidangan yang istimewa sudah merupakan keharusan bagi sebagian masyarakat di Lampung. Salah satu kue istimewa yang harus ada meja tamu tersebut adalah lapis legit khas Lampung.


Kue basah Lapis Legit Khas Lampung yang lezat.


Kue lapis legit Lampung merupakan kue tradisional yang berasal dari Lampung yang sangat populer dikalangan masyarakat Lampung. Kue basah yang secara tradisi harus ada pada sebagian rumah warga Lampung saat lebaran ini memang memiliki cita rasa yang luar biasa nikmat, manis gurih, dan wanginya membuat ketagihan bagi penikmatnya.


Tidak hanya pada hari lebaran saja, kue lapis legit juga disajikan dalam acara-acara istimewa seperti pada acara lamaran, acara pernikahan, acara khitanan, acara begawi, acara adat dan acara-acara istimewa lainnya.  


Kue lapis legit khas Lampung juga digunakan untuk oleh-oleh dan juga menjadi bagian dalam sesan (kiriman untuk besan) yang disandingkan dengan mas kawin calon pengantin lelaki pada sebagian masyarakat adat Lampung disaat lamaran. Sebaliknya saat keluarga pengantin perempuan menerima calon pengantin laki-laki juga menyediakan kue lapis legit yang memiliki citra rasa yang khas ini. Adanya kue lapis legit ini sebagai penghargaan terhadap besan, terhadap tamu dan juga terhadap tetua-tetua adat atau penimbang adat dalam masyarakat adat di Lampung.


Tradisi cara membuat kue lapis legit yang cukup unik oleh keluarga di Lampung juga masih dipertahankan di sebagian kecil masyarakat di sana  Dimana cara membuatnya tidak didalam rumah, tetapi di luar dibelakang rumah. Pada rumah-rumah lama di masyarakat adat Lampung bagian belakang rumah adalah kebon kopi dengan pohon-pohon kopi yang rindang. Mereka berkumpul bersama sambil bercengkrama seraya membuat kua lapis legit khas Lampung yang enak. Cara seperti ini biasanya dilakukan menjelang acara-acara istimewa keluarga.


Lapis legit khas Lampung agak berbeda dengan kue lapis legit pada umumnya. Kalau kita ke toko-toko kue dan mendapatkan kue lapis legit, pada umumnya lapis legit itu terlihat seperti kue bolu pada umumnya yang kering berlapis. Kue lapis legit khas Lampung lebih basah dan strukturnya tidak mengembang dan berpori-pori besar seperti kue lapis legit bolu yang ada di toko-toko roti. Kue lapis legit yang kering dan mengembang bagi masyarakat Lampung disebut sebagai kue bolu legit ada juga yang menyebutnya kue bolu lapis. 


Rasa kue lapis legit khas Lampung sangat unik dengan citra rasa yang manis gurih dengan rasa rempah yang lebih kuat, terasa amat basah tetapi tidak lengket, sedangkan lapis legit bolu rasa hampir sama dengan bolu pada umumnya hanya ada rasa rempah yang lebih kuat dibandingkan dengan rasa kue bolu.


Cara Membuat Kue Lapis Legit Khas Lampung


Kue legendaris ini sebenarnya tergolong mudah untuk dibuat, namun membutuhkan ketelatenan pada saat proses pemanggangannya. Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis legit khas Lampung, yaitu;

- kuning telur ayam kampung 30 butir lebih bagus lagi telur bebek.

- margarin/ mentega 250 g

- Gula 800 gr

- Susu kental manis 1 kaleng

- Spekuk 3 sdm

- Vanila essense 3 sdm ( optional).


Setelah bahan di atas dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah mengadon dengan langkah-langkah sebagai berikut;

- Kocok kuning telur, vanili dan gula sampai larut.

- Masukan mentega cair dan bumbu spekuk  serta susu kental manis sampai tercampur rata.

- Siapkan tempat pemanggangan dan loyang ukuran 25 cm.

- Oleskan mentega ke permukaan dalam loyang dengan sedikit dicampur dengan tepung terigu secara merata

- Mulai membuat lapisan pertama dengan mengguyur adonan cair kuning telur di atas dengan menggunakan sebuah centong ke dalam loyang pemanggangan yang sudah dioleh mentega tadi.

- Mulai masukkan loyang ke dalam pemanggangan menggunakan api atas dan bawah sampai adonan kecoklatan.

- Setelah itu loyang dikeluarkan dan diisi kembali untuk lapisan kedua dan dilanjutkan dipanggang.

- Lakukan terus pembuatan lapisan-lapisan berikutnya dengan cara yang sama.


Cara Memanggang Sesuai Tradisi Masyarakat Lampung yang Asli 


memasaknya dengan digarang menggunakan sebuah alat yang disebut kekep atau sejenis pitingan yang terbuat dari tanah yang dipanaskan terlebih dahulu diatas bara api, kemudian kekep tersebut diletakkan di atas loyang sampai lapisan legit matang. Cara seperti ini membentuk aroma smokinya menambah dan cita rasa yang khas dan unik pada kue ini legendaris ini. 


Disinilah proses pembakaran lapis per lapis yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, tetapi hasilnya kalau sudah jadi rasanya akan sangat legit dan membuat ketagihan.


The Indonesia Adventure


Tag. :

Kue Lapis Legit Khas Lampung, Lapis Legit, Kue Lapis Legit, kue khas Lampung, kue Lampung, bolu legit, bolu lapis legit, kue tradisional, kue tradisional Lampung, cara buat kue lapis legis, membuat lapis legit, cara buat lapis legit lampung