Keindahan Sunrise di Puncak Bukit Sikunir di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

Bukit Sikunir adalah bagian dari dataran tinggi Dieng (Dieng Plateu) yang berada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Di dataran tinggi Dieng Wonosobo ini memang banyak sekali destinasi yang menarik untuk dikunjungi seperti Telaga Warna, Kawah Sikideng, Komplek Candi dan lain-lain sehingga bisa memanfaatkan kesempatan di Dieng itu untuk berkunjung juga ke lokasi-lokasi lainnya itu, agar tujuan wisata kita bisa optimal.


Keindahan pemandangan dari atas Puncak Bukit Sikunir, Wonosobo, Jawa Tengah.


Sekarang destinasi wisata dataran tinggi Dieng dan sekitarnya yang memiliki ketinggian 2000 MDPL ini telah menjadi lokasi favorit karena banyaknya tempat wisata alam disini yang sangat menarik. Keadaan alam dengan kontur pegunungan dan perbukitan, serta adanya lembah, telaga dan kawah vulkanis telah menjadi magnit tersendiri bagi wisatawan.


Pemandangan dari Puncak Bukit Sikunir, Wonosobo, Jawa Tengah


Untuk wisata ke Bukit Sikunir Dieng sebaiknya diwaktu yang tepat agar kita bisa puas mendapatkan momen terindah di Bukit Sikunir yaitu saat munculnya sang Surya dari upuk di balik Bukit Sikunir yang menampilkan keindahan alam yang sangat menarik. Keindahan terbitnya matahari ini disebut sebagai Golden Sunrise. 


Bukit Sikunir
Keindahan pemandangann dari Puncak Bukit Sikunir, Wonosobo, Jawa Tengah


Bagi para penghobi photography alam landscape disinilah tempatnya, tentu kesempatan ini tidak akan disia-siakan untuk mengabadikan keindahan Bukit Sikunir. 


Posisi tempat Wisata Bukit Sikunir berada diketinggian jadi sangat cocok untuk mendapatkan spot-spot menarik landscape alam, apalagi jika menggunakan kamera DSLR dengan lensa jarak jauh dan menggunakan tripod, agar hasil bisa maksimal.


Kita juga dapat menyaksikan bagaimana kebun sayur, khususnya taman kentang dan Carica yang banyak di tanam oleh para petani di sekitar Bukit Sikunir.  Para petani membuat lahan-lahan terasering yang akan memberikan pemandangan hijau terasering yang unitk dan indah. Bisa memberikan pengalaman tentang bagaimana memanfaatkan lahan pertanian dilereng pegunungan.


Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sini bisa menggunakan berbagai macam moda transportasi, tetapi yang terbaik dan termudah untuk mencapai Taman Wisata Dieng dan sekitarnya direkomendasikan menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah dan nyaman.


Jika berangkat dari Kota Semarang, karena menginap dulu disini. Jarak Kota Semarang ke Wisata Bukit Sikunir dan Taman Wisata Dieng kurang lebih 100 km atau kalau dihitung dengan lamanya perjalanan dengan mobil pribadi sekitar 2,5 jam jika perjalanan lancar atau mungkin lebih, tergantung kondisi perjalanan disaat itu.


Seandainya kita menginap di Ibu Kota Wonosobo yang berjarak 26 km ke tempat wisata Dieng dan sekitarnya maka hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit perjalanan dengan mobil atau motor pribadi.


Agar mendapatkan momen yang indah saat  berangkat kesana perlu memperkirakan waktu agar pada saat sampai waktunya sebelum jam 5 WIB atau sebaiknya sebelumnya agar kita sempat menyaksikan Golden Sunrise yang sangat menarik.


Untuk menuju puncak Bukit Sikunir bisa melalui Desa Sembungan menuju area parkir disekitar lereng Bukit Sikunir.  Dari lereng dan area parkir ini saja kita sudah bisa menikmati pemandangan yang indah. Dari area parkir ini kita berjalan kaki lagi menuju puncak yang berjarak 800 meter dengan naik tangga yang sudah dibuat pengelola. Jalur ini yang terbaik untuk wisatawan yang membawa keluarga 


Jalur alternatif lainnya untuk menuju Puncak Bukit Sikunir melalui jalur pendakian Tieng yang membutuhkan waktu perjalanan jalan kaki dijalan setapak selama kurang lebih 1,5 jam dengan jarak sekitar 2,2 km tetapi jalannya menanjak dan cukup menantang. Bagi yang membawa keluarga tidak direkomendasikan melalui jalur ini. Jalur ini memang jalur para petani lokal untuk alternatif ke puncak.


Setelah melalui menanjak yang cukup menguras tenaga kita akan sampai dipuncak Bukit Sikunir dengan pemandangan alam luar biasa. Rasanya akan cukup terbayar rasa lelah itu setelah sampai dipuncak.


Oh iya jangan lupa untuk membawa jaket anti dingin karena puncak Bukit Sikunir suhunya dipagi hari bisa mencapai 6 derajat celsius pada ketinggian 2300 MDPL.


Dari atas puncak Bukit Sikunir kita bisa menikmati keindahan telaga dan perkampungan penduduk setempat yang dipagari dengan deretan bukit-bukit hijau biru yang dihiasi dengan kabut dan awan. Kita juga bisa melihat pegunungan Sindoro, pegunungan Sumbing, pegunungan Merbabu dan juga bisa melihat pegunungan Merapi dari kejauhan.


Setelah puas berada di puncak Bukit Sikunir kita bisa turun menuju telaga yang masih sangat alami yaitu Telaga Cebong. Bahkan kita juga bisa berkemah disekitar telaga ini sambil menikmati suasana perkebunan sayur masyarakat sekitar. Bisa juga memancing di telaga ini sambil menikmati suara air telaga yang mendamaikan hati.


Selamat berwisata!


The Indonesia Adventure


Tag. : 

The Indonesia Adventure, Indonesia Adventure, Bukit Sikunir, Puncak Bukit Sikunir, Wisata Dieng, Wisata Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Dieng, Menuju Dataran Tinggi Dieng, Dieng Wonosobo, Dieng Wonosobo Jawa Tengah, Telaga Cebong, Sunrise di Bukit Sikunir, Golden Sunrise Bukit Sikunir, pertanian terasering bukit sikunir, terasering kebun sayur dieng, kebun sayur dieng