Pantai Teluk Kiluan Wisata Pantai Sambil Melihat Lumba-Lumba Berenang

Saat ini Provinsi Lampung mulai menjadi sorotan wisatawan yang akan menikmati suasana alam yang indah dan alami.  Salah satu daerah yang banyak spot menarik si Lampung adalah Kabupaten Tenggamus dengan wisata alam pantainya yang terkenal indah dan alami.

Teluk Kiluan di Kabupaten Tenggamus.
Teluk Kiluan di Kabupaten Tenggamus.

Untuk menuju Teluk Kiluan bisa melalui Bandar Lampung menggunakan  kendaraan pribadi dengan jarak tempuh kurang lebih 80 kilometer. Kalau lamanya tempuh perjalanan sekitar 3 sampai dengan 4 jam perjalanan tergantung situasi perjalanan. Selama perjalanan yang melalui pesisir pantai selatan Lampung di pinggir laut, dijamin banyak yang pemandangan menarik selama perjalanan.

Ikon Ikan Lumba-Lumba Perairan Kiluan

Hal yang perlu perhatian juga kondisi kendaraan harus baik terutama rem yang pakem, karena perjalanan dari Kabupaten Pesawaran ke Kabupaten Tenggamus banyak tikungan tajam dan  jalan tanjakan curam, tetapi percayalah setelah sampai tujuan dengan keindahan alam yang ada di sana kelelahan perjalanan kita sangat terbayar.

Pantai Teluk Kiluan di Kabupaten Tenggamus.

Salah satu pantai yang menarik di Tenggamus adalah Teluk Kiluan yang berada di ujung barat selatan Pulau Sumatra. Teluk Kiluan tepatnya berada di Desa Kiluan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tenggamus.

Ada spot menarik disini yang pertama adalah pantainya yang berada di sebuah teluk. Teluk Kiluan ini memang menjorok ke darat, dari sebuah pesisir yang mempertemukan pantai dan deratan dengan kontur pegunungan dan bukit yang menjadi bagian dari deretan bukit dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang  terkenal di sisi selatan Pulau Sumatra.

Teluk Kiluan
Pantai Kiluan, kombinasi keindahan pantai dan perbukitan.

Selain pantai disini juga dekat dengan Pulau Kiluan yang terkadang disebut masyarakat di sini Pulau Kelapa karena banyaknya pohon kelapa disini. Suasananya sangat tripikal banget dengan udara segar dengan pantai pasir yang masih sangat alami.

Pulau Kiluan ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin melihat ikan lumba-liumba. Ikan lumba-lumba telah menjadi ikon wisata tersendiri Kabupaten Tenggamus. Kalau kita beruntung saat berada di pantai Teluk Kiluan atau Pulau Kiluan dapat melihat sekumpulan ikan lumba-lumba berenang. Lebih mudah lagi untuk ditemui kalau kita naik perahu dan meluncur ke lautan disekitar Perairan Kiluan ini. Biasanya kalau sedang cuaca cerah mudah untuk ditemui.

Ada beberapa jenis spesies ikan  mamalia laut, yaitu lumba lumba hidung botol dan lumba lumba paruh panjang. Selain itu juga sering dijumpai paus pilot. Keberadaan hewan mamalia laut ini menjadi perhatian pemerintah pusat dan juga daerah sebagai kawasan konservasi yang dijaga kelestariannya.

Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan telah menetapkan Perairan Kiluan sebagai kawasan konservasi perairan untuk dikelola  sebagai destinasi wisata perairan. Untuk mendukung hal tersebut Pemda Tenggamus juga menjadikan Desa atau Pekon Kiluan sebagai desa wisata dengan SK Bupati Tenggamus.

Destinasi Kiluan banyak memiliki fasilitas wisata yang menunjang kegiatan pariwisata setempat. Selain itu juga berbagai kegiatan yang bisa diikuti disini seperti wisata tour lumba-lumba, trekking ke Laguna Gayau, Explore Pulau Kelapa, Trecking Talang Mulia, snorkeling, menyelam (diving) dan memancing. Banyak sekali Khan aktivitas wisata disini, Sobat bisa memilih mana yang akan diikuti, tetapi kalau hanya sekedar menikmati suasana pantai Kiluan, sambil berenang dan main air juga sudah sangat menyenangkan dengan sajian pemandangan yang indah Teluk Kiluan.

Tidak jauh dari Teluk Kiluan ada pantai yang tidak kalah cantiknya, yaitu Pantai Cukup Pandan yang posisinya masih berada di cekungan Teluk Pandan Tenggamus.

The Indonesia Adventure
Indonesia Adventure