Saturday, October 12, 2019

Goa Jepang di Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Gua Misteri di Bawah Lereng Merapi

 

Kabupaten Sleman yang menjadi salah satu Kabupaten di dalam Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayah Sleman memiliki luas 574,82 km2.   Kabupaten ini berdekatan dengan pusat kota Yogyakarta, yang banyak mendapat berkah dari pesatnya kemajuan pariwisata Yogyakarta.

Wilayah Sleman dibagian selatan memiliki kontur tanah yang relatif datar kecuali daerah perbukitan dibagian tenggara Kecamatan Prambanan dan sebagian di Kecamatan Gamping. Pada sisi utara wilayah Sleman semakin ke utara relatif semakin miring dan dibagian utara sekitar Lereng Gunung Merapi relatif terjal serta terdapat sekitar 100 sumber mata air.

Gua Jepang di Kaliurang, Kabupaetn Sleman. Photo: sleman.unimus.ac.id

Banyak destinasi wisata di Kabupaten Sleman mendapat kunjungan dari wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. menjadi salah satu daerah yang banyak  menerima wisatawan yang berasal dari Kota Yogyakarta. Berbagai macam wisata di Kabupaten Sleman seperti wisata alam, wisata candi dan juga wisata musium. Kabupaten ini juga memiliki potensi wisata seni budaya dan juga wisata even festival.  Salah satu destinasi wisata yang akan dibahas kali ini adalah Gua Jepang yang ada di Kaliurang, Kabupaten Sleman.

Sejarahnya Jepang masuk ke Yogyakarta dimulai sejak tanggal 5 Maret 1942. Pada saat Jepang menduduki Yogyakarta banyak membangun daerah pertahanan. Seperti lokasi yang tinggi di pegunungan (Kaliurang), daerah pesisir sperti di Parangtritis, dan juga daerah lainnya yang dianggap strategis.  Gua-gua ini dibangun dengan bahan dasar beton bertulang yang tebal dan kuat, dengan pintu dan gerbang dari kayu. Pada umumnya pelestarian gua-gua bersejarah itu di kelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta.

Goa Jepang sebenarnya adalah bagian dari lereng Gunung Merapi yang tepatnya berada di lokasi Kawasan Wisata Alam Nirmolo di Kaliurang,  Hargobingun, Pakem,  Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta.  Iklim udaranya karena berada di ketinggian sangatlah sejuk, malah terkadang agak kedinginan. Jadi kalau kesini jangan lupa membawa jaket.

Gua ini adalah satu diantara goa peninggalan masa Jepang. Goa ini dibuat Jepang dari  tahun 1942 sampai dengan tahun1945.  Gua ini terlihat belum benar-benar selesai mungkin terhenti setelah Indonesia memroklamasikan kemerdekaannya.

Penampakan gua yang penuh misteri, tetapi juga terlihat sangat eksotis. Gua ini oleh Jepang difungsikan sebagai tempat tinggal dan perlindungan tentara Jepang. Gua ini juga menjadi gudang untuk tempat penyimpanan  berbagai peralatan milik Jepang. Memang pada masa Jepang banyak membuat berbagai macam gua yang telah menjadi salah satu basis  pertahanan mereka.

Goa buatan ini tepatnya berada di Bukit Plawangan.  Di dalamnya ada terdapat 25 ruangan-ruangan yang masing-masing ruangan memiliki lorong-lorong yang saling berhubungan.  Gerbang pertama untuk masuk ke dalam gua ini melalui pintu masuk Nirmolo.

Dari gerbang  utama gua ini para wisatawan harus melalui jalan setapak yang jauhnya kalau dengan jalan kaki sekitar 45 menit.  Jalur yang hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki ini sangat berliku dan juga menanjak. membutuhkan stamina yang cukup baik untuk melalui jalur ini. Di sela-sela kelokkan itu sering terlihat  pemandangan yang indah dari ketinggian.

Pada saat masuk ke dalam gua pengunjung harus berhati-hati karena bebatuan dalam gua yang lembab ini terkadang sangat licin. Di dalam ruangan  gua Nippon ini pengunjung akan dipandu oleh para guide wisata yang akan menjelaskan sisi sejarah dalam setiap ruangan dan lorong yang akan kita lalui.  Penjelasan para pemandu ini akan banyak memberikan kita pencerahan dari sisi sejarah tentang keberadaan gua ini, selain juga menikmati wisata adventure di dalam gua bersejarah.

Di dalam ruangan cukup gelap sehingga ada baiknya pengunjung mempersiapkan lampu senter atau menggunakan senter handphone juga bisa, asal tidak kehabisan batrai. Disini juga ada penyewaan penerangan lampu yang bisa kita gunakan dari pada menggunakan lampu handphone.

Pada ujung lubang gua Jepang ini nanti ada akses untuk menuju Puncak Bukit Plawangan yang memiliki pemandangan yang indah dari ketinggian di puncak bukit.  Kita juga dapat melihat lanskape dari gunung Merapi yang terlihat jelas dan hamparan lembah hijau dan hutan disekitarnya.

Gunung Merapi. Photo by Pixabay.

Jika stamina Anda masih kuat Anda bisa sekalian berwisata ke Taman Nasional Gunung Merapi yang tidak jauh dari Kaliurang. Taman Nasional ini sudah masuk di perbatasan  DI Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah. Taman Nasional Gunung Merapi difungsikan sebagai perlindungan bagi flora, fauna dan sumber-sumber air beserta sungai yang menjadi penyangga ekosistem alam.

Lanscape Pemandangan Gunung Merapi. Photo by Pixabay.

Pemda Kabupaten Sleman juga sering mengadakan even-even untuk meningkatkan pariwisata daerah. Salah satunya adalah mengadakan Jelajah Wisata yang pada tahun 2019 diselenggarakan di Desa Wisata Tunggul Arum, dengan tema "Ngadem sik."


Tag. : Kabupaten Sleman, Gua Jepang di Kaliurang, Goa Kaliurang, Goa Jepang, Lereng Merapi, Gunung Merapi, Wisata Sleman, Goa Bersejarah

Terima kasih sudah membaca: Goa Jepang di Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Gua Misteri di Bawah Lereng Merapi
Share ke :
No comments:
Write comments

Translate