Jalan-Jalan di Kota Pahlawan, Surabaya

Kota Surabaya, Kota Pahlawan bergerak dinamis menuju tatanan kota modern. Gemerlap tiap sudut memancar pesona. Menggelitik hasrat untuk datang dan menikmati suasana ruang demi ruang di Surabaya. Melangkahkah kaki menuju pelosok-pelosok kota, taman-taman, komplek pertokoan, mall dan juga pemukiman yang mulai padat. Surabaya memiliki warna sendiri, ciri sendiri dengan kehidupan masyarakatnya yang dinamis dan harmonis.

Tugu Pahlawan Kota Surabaya
Tugu Pahlawan Kota Surabaya

Surabaya Kota Pejuang,  Kota Pahlawan yang dalam masa kontemporer menobatkan diri sebagai Kota Perdagangan dan Jasa, tetapi tetap tidak meninggalkan karakternya sebagai Kota Pahlawan, tetap arif untuk tidak meninggalkan hal untuk mempercantik penampilannya. Tetap terus hijau dengan taman kota dan ramah dengan pejalan kaki.  Setiap sudut yang ada di wilayah ini disentuh dengan keindahan untuk menebar aroma memikat bagi siapa saja yang datang.

Lambang Sura (hiu) dan Baya (buaya) menjadi Lambang Kota Surabaya
Lambang Sura (hiu) dan Baya (buaya) menjadi Lambang Kota Surabaya

Kota Surabaya saat ini merupakan kota kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta.  Wilayah Surabaya memiliki luas kurang  lebih 326,81 km², dengan lebih dari 3 juta penduduk pada tahun 2018.  Kota ini berada di timur dari pusat kota Jakarta sejauh 796 km.  Kota Surabaya berada dipinggir pantai utara Jawa dengan berdekatan dengan Pulau Madura. Kota Surabaya berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa. 

Kantor Wali Kota Surabaya
Komplek Perkantoran Kota Surabaya
Obyek-obyek wisata dan potensi pendukung lainnya dipoles dan dikelola dengan baik. Lokasi wisata yang ada kini hadir kian nyentrik, di luar itu beragam hiburan baru hadir mewarnai dan melengkapinya. Tak heran, bila para tamu yang datang menjadi enggan untuk beranjak, sebab hati telah terpikat sensasi keindahan dan kesenangan di essini.

Kantor Wali Kota Surabaya
Jendela-jendela Kantor Wali Kota Surabaya yang sangat klasik.
Mulai dari bermacam tempat wisata keluarga, seperti Pantai Ria Kenjeran, Kebun Binatang Surabaya, dan yang lain. Pantai dan laut umumnya diasosiasikan dengan aktivitas renang, selancar, berjemur, perahu, ski air, penyelaman, memancing dan berbagai aktifitas air lainnya. Komponen ini merupakan daya tarik bagi wisatawan untuk melakukan rekreasi atau relaksasi bahkan minat khusus.

Tugu Pahlawan di Kota Surabaya
Tugu Pahlawan di Kota Surabaya

Salah satu lokasi yang menarik dikunjungi di pusat Kota Surabaya adalah   Tugu Pahlawan yang berada di Taman Kebonrojo yang bersebrangan dengan gedung Kantor Gubernur Jawa Timur.  Di dalam komplek Tugu Pahlawan ada beberapa patung pahlawan pada saat perjuangan 10 November 1945.  Selain Tugu Pahlawan disini juga ada Tugu Proklamasi berupa patung Ir. Seokarno dan Dr. Muhammad Hatta yang sedang membacakan Proklomasi Kemerdekaan Indonesia.

Tugu Proklamasi Surabaya
Tugu Proklamasi di Kota Surabaya.

Selain itu ada lagi lokasi yang sangat bersejarah, yaitu; Jembatan Merah yang melintasi Kali Mas. Jembatan ini menghubungkan wilayah Surabaya di timur dengan wilayah Surabaya di barat. Pada masa kolonial wilayah barat Surabaya banyak perkantoran Pemerintah Hindia Belanda. Jembatan Merah ini bersejarah karena pada masa perjuangan 1945 dulu menjadi lokasi pertahanan para Pejuang. Jembatan Merah dibangun pada 1809 pada era Gubernur Jenderal Deandels.

Di lokasi Jembatan Merah ini bayak gedung-gedung tua bersejarah yang digunakan untuk perkantoran pemerintah dan juga perbankan. Di lokasi ini juga ada Taman Sejarah, Klenteng Hong Tiek Hian, Jembatan Merah Plaza dan Musieum Sampoerna.

Jembatan Merah Kota Surabaya. Photo : surabaya.go.id.

Ditambah lagi dengan hadirnya taman-taman kota yang tampil lebih cantik, mampu menjadi tujuan alternatif bagi warga kota untuk sekedar jalan-jalan, atau bahkan berinteraksi dengan sesama warga kota yang lain. Ada banyak sekali taman yang bagus untuk dikunjungi atau untuk sekedar jalan-jalan di dalam taman kota, seperti; Taman Harmoni Keputih atau yang disebut juga dengan Taman Sakura, Taman Wonorejo yang berada di Rungkut Wonorejo, Taman Kunang-Kunang yang memiliki kolehsi kunang-kunang asli, Taman Flora Batang, Taman Surya yang berdekatan dengan Balai Kota Surabaya, Taman Barunawati, Taman Prestasi di Jalan Ketabang, Taman Kalongan di Jalan Taman Kalongan, Taman Wira Agung dan Taman Kerembangan Timur.

Masih banyak lagi taman yang lain; Taman Karimun Jawa yang masih satu komplek dengan Taman Kaputren yang ada fasilitas jogging track dan playground untuk anak-anak bermain. Taman Jayengrono yang berada di dekat pusat mall Jembatan Merah Plaza, Taman Ronggolawe dekat dengan Terminal Joyoboyo, Taman Sulawesi dan Taman Paliatif yang merupakan taman untuk para penyandang kanker tingkat tinggi untuk saling bercerita.

Kota Surabaya memang luar biasa banyak sekali taman hijau yang memanjakan mata, selain yang sudah disebutkan diatas masih ada lagi, yaitu; Taman Lansia di jalan Kalimantan, Taman Teratai, Taman Kombes Pol M. Duryat, Taman Undaan Kulon yang ada wifi dan juga playground untuk bermain anak-anak. Kemudian Taman Pakal yang banyak dijadikan sebagai spot photograpy.

Rek ayo rek melaku-melaku nang Tunjungan. Itulah sebuah lagu mengenai jalan ini, Jalan Tunjungan Kota Surabaya.

Taman Ekpresi yang ada galeri seni, Taman Persehabatan 2 bagi yang suka artis Korea, Taman Mundu yang memiliki air mancur yang indah, Taman Pelangi yang memiliki lampu warna warni seperti pelangi, Taman Apsari yang berada di jalan Pemuda dan memiliki spot photo yang menarik, Taman Bungkul yang merupakan salah satu landmark Kota Surabaya dan masih banyak lagi taman lainnya.

Mall Tunjungan
Mall Tunjungan salah satu mall  yang cukup terkenal di Surabaya.
Salah satu denyut Kota Surabaya juga dari aktifitas tukang becak yang sednag mengayuk becak, atau sedang mengasuh dipinggir-pinggir jalan. Mereka duduk-duduk mengobrol dengan sesama tukang becak, atau ada juga yang istirahat karena cukup terlihat lelah dengan tidur di atas becaknya sendiri.

Dari Kota Surabaya kita juga bisa melanjutkan wisata ke Pulau Madura melalui jembatan Suramadu yang sangat terkenal itu. Jembatan yang cukup panjang itu menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Jembatan ini melintasi Selat Madura dengan panjang 5.438 meter. Jembatan ini termasuk jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan ini diresmikan pada tahun 2003.

Jembatan Suramadu.

Kota Surabaya juga banyak memiliki tempat rekreasi yang menarik, seperti disebutkan dibawah ini:

Wisata Rekreasi

Taman Remaja Surabaya
Taman Hiburan Rakyat

Wisata Alam

Kebun Binatang Surabaya
Pantai Ria Kenjeran
Taman Hiburan Pantai Kenjeran
Perkembangan Jurang Kuping

Wisata Bahari

Pelabuhan Kalimas
Akademi Angkatan Laut

Wisata Religi

Masjid Al Akbar
Masjid Agung Sunan Ampel
Masjid Muhammad Cheng Ho
Gereja Kristen Indonesia
Gereja Katholik Santa Perawan Maria
Pura Jagad Karana
Klenteng Boen Bio
Klenteng Sanggar Agung
Klenteng Hong Tiek Hian
Patung Joko Dolog
Makam Ki Ageng Bungkul
Makam Mbah Ratu
Makan Dr. Soetomo
Makam W.R. Supratman
Makam Pangeran Yudo Kardono

Wisata Belanja

Kya-kya
Plaza Tunjungan
Mall Galaxy
Plaza Surabaya
Mall Surabaya
City Of Tomorrow
Surabaya Town Square
Jembatan Merah Plaza
Plaza Marina
Tunjungan Electronic Center
ITC Mega Grosir
Royal Plaza
Pakuwon Trade Center (PTC) dan Supermal Pakuwon Indah (SPI)
Pusat Grosir Surabaya
Pasar Bunga Kayoon
Pasar Bunga Bratang


Tag. : Surabaya, citytour, kota surabaya, pahlawan, hari pahlawan, Jembatan Merah,Tugu Proklamasi, Tugu Pahlawan, kota pahlawan, wisata surabaya, jawa timur, surabaya jawa timur, hotel surabaya, belanja di surabaya, rekreasi di surabaya