Berkunjung Yuk ke Kawah Vulkanis Sikidang di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Kawah Sikidang adalah bagian dari Taman Wisata Dieng yang berada di Desa Dieng Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Iklim yang berada di dataran tinggi Dieng dengan ketinggian kurang lebih 2000 MDPL ketinggian ini cukup membuat kita merasa dingin jadi siap-siap membawa jaket atau baju tebal. Kondisi udaranya masih sangat segar karena berada dilingkungan yang masih hijau dan alami. 


Kawah Sikidang di Dataran Tinggi Dieng


Kawah ini terkenal sangat unik karena tidak berada dipuncak gunung yang memiliki lembah kepundan pada puncaknya. Kawah ini adalah kawah alami yang terbentuk dari aktivitas vulkanik yang memiliki luas kurang lebih 200 m2 pada permukaan yang datar.


Pemandangan indah Dataran Tinggi Dieng


Jarak dari Kota Semarang ke Taman Wisata Dieng sekitar kurang lebih 100 km atau 2,5 jam sampai 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Jadi berangkat dari ibu kota Kabupaten Wonosobo berjarak sekitar 26 km atau sekitar 40 menit waktu perjalanan.


Selain Kawah vulkanik Sikideng yang berdekatan juga ada Bukit Sikunir. Serta juga disana bisa sekalian ke wisata Telaga Warna yang warna airnya bisa berubah-ubah dengan pemandangan yang sangat mempesona beserta gua yang dekat dengan Telaga Warna. Selain itu juga ada komplek Candi Arjuna yang bersejarah. Jadi sekali jalan bisa 2 atau 3 tujuan wisata bisa dikunjungi.


Pengunjung dapat langsung melihat kawah ini tanpa khawatir karena berada di puncak gunung berapi berupa creater seperti kawah Bromo atau Semeru. Kawah berada di tanah datar yang mudah untuk dicapai.


Pengunjung dapat langsung mendatangi dan melihat dapur kawah dengan produksi belerang, semburan lumpur dan air panas mendidih, uap panas dan asap tebal mengepul dari tungku lava dengan lumpur mendidih dengan suara bergemuruh dan bergolak yang dapat terlihat langsung bagaimana aktivitas sebuah kawah vulkanik bekerja. 


Tentunya bau belerang sangat khas akan tercium dengan jelas. Lokasi ini selalu terlihat diselimuti asap mengepul yang terus menerus. Perbukitan dan asap mengepul ini menjadi ciri yang unik lokasi wisata ini 


Tentunya pengunjung harus hati-hati dan sebaiknya menggunakan masker yang baik agar tidak keracunan gas belerang. Pengunjung wajib mengikuti petunjuk yang ada dan tentunya jangan menyentuh atau terlalu dekat dengan dapur lava. Pengunjung juga jangan terlalu lama dipusat lokasi lava karena bisa keracunan.


Jalur untuk mencapai pusat kawah sudah disediakan jalan yang aman terbuat dari kayu dengan lantai dan dinding yang instagramebel. Tempat ini banyak dijadikan tempat berphoto yang keren dan indah.


Banyak hal yang menarik lainnya selain menikmati fenomena alam vulkanik yang bisa menjadi pelajaran, apalagi bagi mahasiswa jurusan geologi atau pelajar jurusan IPA.  Hiburan lainnya yang bisa dinikmati pengunjung seperti mencoba flying fox, sewa sepeda motor untuk berkeliling menikmati suasana Dieng.


Bisa juga mencoba naik kuda untuk merasakan sensasi yang berbeda. Juga menikmati spot-spot photo instagramebel yang sudah disediakan pengelola. Bisa juga selfie dengan burung hantu atau mencoba memasak telur dengan air panas alami vulkanik yang ada di kawah Sikideng dan mencoba hal menarik lainnya.


Dari Kawah Sikideng ini bisa sekalian ke Bukit Sikunir yang masih dekat dengan kawasan Kawah Sikideng. Bukit Sikunir memiliki pemandangan yang indah, cocok sekali bagi para photographer landscape alam.


Selamat berwisata!


The Indonesia Adventure