Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, Keindahannya Tiada Dua

Wisata Pulau Lombok akhir-akhir ini semakin populer apalagi setelah even MotoGP Mandalika Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dihelat pada tanggal 18-20 Maret 2022 lalu. Acara yang mendunia ini. Mendatangkan banyak penonton yang juga pada akhirnya penasaran dan ingin mencoba mendatangi destinasi-destinasi wisata yang ada di NTB.

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, Lombok
Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, Lombok. (Photo : id.wikipedia.org)

Salah satu tempat trip terbaik di Pulau Lombok adalah Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak yang bisa dituju dalam satu paket perjalanan wisata. Tentunya untuk ke sini harus berjiwa pendaki dengan kondisi badan yang sehat dan peralatan pendakian memadai.

Danau Segara Anak merupakan kaldera raksasa Gunung Rinjani yang secara administratif berada di Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Danau yang seluas 213 km2 ini memiliki titik terdalam 190 m. Danau ini juga menjadi danau tertinggi di Indonesia yang berada pada ketinggian 2000 MDPL.

Disekitar Danau Segara Anak dikelilingi perbukitan berupa batu yang berkontur tinggi rendah berwarna biru, coklat, abu-abu dan juga cyan. Perbukitan dinding kaldera itu selalu ditutupi awan dan kabut yang berarak-arak. Pemandangan ini sungguh sangat indah menjadi satu dengan warna air Danau Segara Anak yang seperti cermin yang menggambarkan apa yang ada di atasnya..

Ada juga Gunung Baru Jadi yang baru muncul di sebelah Segara Anak. Gunung ini adalah anak Gunung Rinjani berupa gunung vulkanik yang masih aktif.  Di puncak Gunung Baru Jari itu ada kaldera sendiri.

Di dekat Gunung Baru Jari terdapat  sumber air panas yang banyak diyakini bisa menjadi obat untuk penyakit kulit. Kemungkinan air panas tersebut banyak mengandung belerang yang alami. Di sini ada dua sumber air panas yang bisa kita temui. Sumber air yang dinamai penduduk lokal dengan nama Sumber Air Aik Kalak dan satunya lagi Sumber Air Goa Susu yang berada di jalur hutan Torehan.

Pinggiran tepi danau berupa batuan cadas berbatu dan berpasir dengan vegetasi rerumputan hijau dan tanaman yang tidak tinggi. Tidak banyak pepohonan yang memiliki batang besar dipinggiran danau ini, tetapi Dibagian tertentu ada pepohonan yang agak rimbun. Ada satu pohon tua yang dikeramatkan warga sekitar, berada di pinggir danau. 

Ada lagi yang menajdi daya tarik pada Danau Segara Anak Gunung Rinjani ini yaitu adanya tiga buah gua disekitar danau ini, yaitu Gua Susu, Gua Manik dan Gua Payung. Di antara tiga gua ini yang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Gua Susu karena ada air panasnya.

Sesekali akan ada monyet yang akan turun dan bermain ditepi pantai. Monyet itu sesekali mendekati air dan minum disitu. Kalau kita beruntung sesekali juga akan melihat rombongan monyet yang lebih banyak. Sesekali terkadang monyet itu masuk ke tenda para pendaki untuk mencari makanan.

Di pinggiran danau inilah para pendaki menempatkan tendanya dengan suasana langsung menghadap air danau. Setelah melalui jalur pendakian yang menanjak dan menurun menuju danau vulkanik yang super amazing itu.

The Indonesia Adventure, TheIndonesiaAdventure

Tag. :

Danau Segara Anak, Gunung Rinjani, Wisata ke Gunung Rinjani, Lombok, Pulau Lombok, NTB, Wisata ke Lombok, Hotel di Lombok, Paket Wisata Lombok, Trip ke Danau Segara Anak