Wisata Yuk ke Pantai Senggigi di Lombok Barat

Pesona wisata-wisata di Pulau Lombok sudah sangat terkenal tidak saja secara nasional, tetapi juga sampai ke mancanegara. Kali ini kita akan coba trip ke Pantai Senggigi yang ada di Lombok Barat, tepatnya berada di Jalan Raya Senggigi kilometer 6-7, masuk Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Nama Pantai Senggigi ini konon berasal dari nama seorang Putri dari legenda masyarakat sekitar Pantai Senggigi.

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi dari pinggir jalan menuju pantai

Lokasi pantai di pesisir barat Pulau Lombok ini langsung berhadapan dengan laut yang mengarah ke Pulau Bali, karena posisinya ini maka pemandangan sunset melihat matahari terbenam diupuk barat adalah saat-saat yang paling indah.

Keindahan lainnya juga disini yaitu pantai ini memiliki area pantai pasir putih bersih yang sangat luas dan panjang, selain itu juga adanya teluk yang semakin membuat pantai ini sangat indah. Pemandangan ke laut juga disuguhi perahu-perahu dan kapal nelayan pencari ikan.

Dari Pantai Senggigi ini kita juga bisa melanjutkan perjalanan ke beberapa pilihan gili-gili yang sangat indah alammi dan lebih menarik lagi, dengan naik perahu-perahu yang bisa kita tumpangi atau dengan cara menyewa dengan pemilik kapal dan perahu setempat. Ada tiga gili yang bisa dituju seperti Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Pantai Senggigi, Pulau Lombok
Istirahat di pinggir jalan menuju Pantai Senggigi, Pulau Lombok.

Hal yang menarik lainnya dari Pantai Senggigi yang berada di barat Pulau Lombok ini berhadapan dengan Selat Lombok. Dari pantai ini kita bisa melihat keindahan Gunung Agung yang berada di Pulau Bali dari kejauhan.

Air laut yang ada disini terlihat bening dan bersih, kita bisa mengamati apa yang ada bawahnya. Kita juga bisa berenang atau bahkan menyelam untuk melihat keindahan terumbu karang dengan ikan-ikan warna warni dan juga penyu-penyu.

Di Pulau Lombok lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi atau dengan sewa kendaraan. Untuk menempuh Pantai Senggigi yang jaraknya sekitar kurang lebih 51 kilometer dari Bandara Internasional Lombok, tetapi jika kita menggunakan akses pelabuhan laut Lambar, maka jaraknya sekitar 39 kilometer. Perjalanan laut ke Pelabuhan Lambar ini sangat menguntungkan terutama bagi seorang photographer karena dapat mengabadikan spot-spot Kepulauan Sunda Kecil yang keren-keren.

Kita juga bisa istirahat dulu di Kota Mataram dengan menginap di hotel yang banyak tersedia disana, sebelum mendatangi pantai. Jika akses dari Kota Mataram maka jaraknya sekitar 17,9 kilometer.

Malam hari di Kota Mataram bisa  menikmati dulu suasana kota dengan banyaknya taman kota, Menara Metro atau selfie dulu Tembolok Pelangi, dan menikmati pantai di Kota Tua Ampenan, sambil makan ayam Taliwang atau makan sea food di Kota Tua Ampenan. Bisa juga makan ikan bakar,  nasi goreng dan ngopi di pinggir pantai Anjungan Satu Hati yang dulunya adalah Pelabuhan Ampenan

Jika ingin menginap langsung di Pantai Senggigi banyak pilihan hotel dan resort yang keren-keren disana. Ada 4 tempat menginap yang memiliki akses langsung ke pantai disana, seperti Merumatta Senggigi, Sheraton Senggigi, Puri Saron Senggigi dan Katamaran Hotel dan Resort.

Salah satu pemandangan Pantai Senggigi, Lombok Barat.
Salah satu pemandangan Pantai Senggigi, Lombok Barat.

Seandainya pilihan Anda menginap disini bisa menikmati suasana pantai sebelum kita tidur dan istirahat. Pantai Senggigi dibuka Senin sampai dengan Minggu, 24 jam jadi Anda bisa kapan saja main ke pantai, tetapi untuk berenang dan menyelam sebaiknya hanya pada siang hari saja.

The Indonesia Adventure