Tempe Bahan Pangan Bergizi Terpopuler di Indonesia

Tempe adalah makanan yang sehat dan kaya nutrisi banyak mengandung protein nabati yang tinggi kandungannya. Protein ini sangat penting untuk kesehatan tubuh karena digunakan untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak.

Tempe yang sudah digoreng
Tempe yang sudah digoreng.

Dengan harga yang sangat ekonomis tempe mudah didapatkan dan hampir ada disemua pasar tradisional di Indonesia. Bahkan di mall dan supermarket pun bisa didapatkan dengan berbagai kemasan yang  lebih menarik.

Bagi orang Indonesia tempe adalah makanan yang sangat favorit karena rasanya enak, mudah mengolahnya dan harganya super ekonomis. Hampir setiap rumah tangga di Indonesia familier dengan bahan pangan bergizi satu ini.

Saat ini tempe mulai digandrungi pecinta makanan organik yang lebih memilih hanya memakan bahan makanan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Dengan memakan tempe kalangan vegan atau vegetarian sudah mendapatkan nutrisi protein yang tinggi, tanpa harus memakan daging dari hewan.

Bagi ibu rumah tangga mengolah tempe menjadi menu masakan keluarga tidaklah sulit. Tempe bisa digoreng begitu saja, setelah diiris sesuai selera dan dicelupkan dalam air matang yang sudah diberi garam, maka langsung digoreng diwajan. Jangan tunggu lama-lama selagi tempe masih panas inilah saatnya tempe paling enak dimakan dengan nasi panas.

Bahan tempe terbuat dari kacang kedelai yang dicampur dengan ragi tempe dan direndam kedalam air di sebuah baskom atau tempat lainnya. Kemudian kacang kedelai akan mengalami fermentasi setelah itu akan muncul jamur rhizopus. Jamur ini akan tumbuh dan memenuhi seluruh permukaan kacang kedelai. Bentuk jamur rhizopus  berwarna putih susu agak keabu-abuan, dengan lembaran miselium berhelai-helai memanjang. Tumpukan helai-helai jamur itu mengisi ruang-ruang kosong antara sela -sela kacang kedelai.

Sekarang ini inovasi tempe juga terus berkembang tidak hanya kacang kedelai saja dapat dibuat menjadi tempe, tetapi ada beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa dibuat pangan yang sangat merakyat ini. Contohnya kacang hijau, kacang kolo, kacang koro, dan kacang edamame. Tentunya dari beberapa jenis kacang kacang kedelai masih tergolong yang cukup murah.

Ada berbagai macam resep untuk mengolah tempe ini selain hanya dengan menggoreng begitu saja. Dari sekian cara mengolah tempe berikut ini adalah empat macam menu tempe yang paling populer. Empat macam olahan menu tempe paling populer tersebut yaitu;


1. Tempe Bacem

Tempe bacem yang direbus berwarna coklat kehitaman ini adalah salah satu menu favorit yang banyak digemari, terutama di Pulau Jawa. Tempe bacem ini rasanya manis dan gurih, tidak pedas dan teksturnya menjadi lebih empuk. Rasa manisnya didapat dari campuran kecap manis.


2. Tempe Mendoan

Tempe selain untuk teman makan nasi juga bisa dijadikan sebagai cemilan, seperti tempe mendoan yang berasal dari Banyumas Jawa Tengah. Kenikmatan yang didapat dari tempe mendoan berasal dari perpaduan dari rasa gurih dan renyah.

Tempe mendoan digoreng dengan taburan tepung pada minyak panas yang banyak dan digoreng setengah matang saja, sehingga teksturnya lembut dan basah. Sangat enak dimakan saat masih hangat dengan cabe rawit, atau dengan kecap manis. Ada juga yang suka dicocol ke saus kacang pedas atau sambel kacang. Tempe mendoan sering juga untuk menu pendamping nasi uduk, nasi goreng, atau nasi liwet saat sarapan pagi


3. Tempe Goreng Tepung

Tempe goreng tepung hampir mirip dengan tempe mendoan, tetapi tempe goreng tepung biasanya tempenya diiris tipis-tipis dan digoreng matang, sehingga hasilnya jadi lebih terasa guruh dan renyah. Tempe goreng tepung ini juga banyak dijual pedagang gorengan karena bisa dimakan sebagai cemilan dan juga bisa untuk pendamping nasi.


4. Tempe Orak Arik

Tempe Orak Arik juga menjadi menu tempe yang sangat populer. Tempe Orak Arik terkenal sebagai menu tempe anak kosan karena dapat bertahan lama jika disimpan dalam toples tertutup. Jadi anak kosan harus hemat sehingga tinggal memasak nasi saja sedangkan lauk sudah tersedia.

Tempe Orak Arik terbuat dari potongan tempe kecil-kecil yang dicampur dengan ikan teri dan juga kacang. Bumbunya umumnya bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabe merah, kunyit, sereh, daun salam, daun jeruk, kecap, gula dan garam. Bagi yang suka dengan rasa pedas bisa ditambah dengan cabe rawit atau lada hitam.

Cara memasaknya dengan cara menumis dengan sedikit minyak goreng. Masukkan semua bumbu setelah bercampur baru dimasukkan potonyan-potongan tempe yang sebelumnya sudah digoreng.

Oke demikianlah empat macam menu dari bahan tempe yang populer.


The Indonesia Adventure Team Written