Cemilan Tempe Mendoan yang Mantap dan Enak

Tempe bagi masyarakat Indonesia sudah sangat dikenal dan sangat familier. Bahan makanan sehat yang bernutrisi tinggi ini juga  rasanya enak dan mudah mengolahnya  menjadi berbagai menu yang bisa disajikan sebagai lauk makan, tetapi juga bisa disajikan sebagai cemilan teman minum kopi atau teh.

Tempe Mendoan yang siap disajikan.
Tempe Mendoan yang siap disajikan.

Pangan sehari-hari  ini merupakan makanan olahan fermentasi atau peragian dari kacang kedelai. Kacang kedelai yang sudah difermentasi ini akan ditumbuhi oleh jamur putih susu yang bernama  rhizopus. Jamur ini kaya akan kandungan protein nabati yang banyak diperlukan oleh tubuh.

Di era ini tempe ternyata sudah mulai digandrung para pecinta bahan makanan organik yang dianggap lebih sehat dan tidak mengandung lemak jenuh yang mengotori darah, pembuluh darah dan jantung. Wajar saja jika di luar negeri tempe  menjadi menu istimewa yang berharga mahal.

Tempe yang sudah diiris-iris
Tempe yang sudah diiris-iris.

Selain kaum pecinta bahan organik, tempe juga disukai kalangan vegan atau vegetarian yang hanya memakan bahan makanan yang berasal dari tumbuhan. Dengan makan tempe ini kebutuhan nutrisi protein yang tinggi sudah terpenuhi, tanpa makan daging hewan.

Salah satu menu yang berasal dari bahan tempe yaitu tempe mendoan. Kuliner yang dijadikan sebagai cemilan ini. Tempe mendoan adalah tempe goreng yang digoreng setengah matang dan memiliki tekstur basah dan lembut.

Kuliner yang sudah sangat populer ini berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Tempe mendoan rasanya gurih dan renyah yang membuat nagih. Apalagi kalau makan tempe ini saat masih hangat, rasa nikmatnya jadi dua kali lipat.

Sekarang sudah banyak para penjual khusus tempe mendoan, saking populernya  terkadang untuk membeli tempe mendoan yang mantap rasanya  kita harus antri.  Yah tempe mendoan ini memang cukup digemari oleh semua kalangan.

Asal kata mendoan berasal dari bahasa Banyumasan, yaitu kata 'mendo' yang artinya setengah mateng atau belum matang sepenuhnya, tempenya masih basah dan lembek.

Kalau goreng tempe lainnya lazimnya tempe sampai berwarna kecoklatan dan garing, tetapi menggoreng tempe mendoan berbeda, masih putih dan basah sudah diangkat dari minyak panas di wajan.

Untuk memakan cemilan tempe mendoan ini ada yang hanya suka dengan cabe rawit saja, ada yang menggunakan bumbu kacang dan ada juga dengan kecap manis yang sudah diberi sambel pedas. Yahh tentunya tergantung selera saja.

Untuk membuat tempe mendoan ada banyak versi dan resep. Kali ini theindonesiaadventure.com menawarkan salah satu cara yang hasil tempe mendoannya, kami rasa cukup mantap dan enak.

Bahan-bahannya sebagai berikut ini;

- Satu bungkus tempe biasa yang ada dipasaran dengan berat sekitar seperempat  kilogram.
- 1 sendok lada hitam.
- 6 siung bawang putih.
- Daun bawang sekitar 5 helai.
- 1 sendok ketumbar.
- Garam secukupnya.
- Tepung beras sekitar 1 ons.
- Tepung terigu seperempat kilogram.
- Tepung maizena cukup 1 ons saja

Cara mengolahnya sebagai berikut ini;

- Potong dan iris bahan tempe tipis-tipis.
. Setelah itu, tumbuh dan giling bahan bumbu garam, ketumbar dan lada.
- Masukkan tepung terigu, tepung beras dan tepung maizena ke dalam baskom. Masukkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan air secukupnya kemudian aduk-aduk sampai tercampur merata.
- Potong-potong daun bawang kecil-kecil dan campurkan ke adonan tepung. Aduk-aduk lagi sampai merata.
- Masukkan dan rendam tempe yang akan digoreng dalam tepung dengan membalurkan tepung ke tempe tadi.
- Goreng tempe-tempe yang sudah dibalur oleh olahan tepung. Ingat menggorengnya jangan sampai garing, cukup setengah matang dan langsung diangkat. Tiriskan agar minyak gorengnya berkurang.
- Siap sajikan saat masih hangat-hangatnya.

Tempe mendoan yang siap disajikan
Tempe mendoan yang siap disajikan.


The Indonesia Adventure