Oncom Bahan Pangan Tradisional Asli Jawa Barat yang Sangat Bergizi

Oncom adalah bahan makanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat.  Bahan makanan yang berasal dari bungkil biji kedelai ini sebenarnya kedelainya sendiri hanya merupakan medium untuk rumah dari spora jamur oncom yang bernama ilmiahnya Neurospora sitophila, setelah mengalami permentasi dalam ruang lembab. Jamur oncom ini masuk dalam katagori kelompok kapang karena bentuknya berupa filamen. 

oncom, kuliner oncom
Bahan pangan oncom

Pembentukan jamur oncom hampir sama dengan tempe, tetapi  oncom  merupakan bahan makanan yang berbeda. Perbedaan ini baik terlihat dari bentuk fisik, rasa, dan juga cara mengolahnya. Proses terjadinya spora jamur tempe yaitu rhyzopus lebih cepat tumbuhnya dibandingkan dengan jamur oncom.

Di pasar-pasar tradisional banyak sekali dijual bahan oncom  Ada dua macam oncom di pasaran, yaitu oncom hitam dan oncom merah. Dari kedua itu yang paling populer adalah oncom merah.

Bahan pangan oncom merah dibuat dari bungkil kedelai atau ampas pembuatan tahu dengan melalui proses fermentasi yang melibatkan kapang Neurospora intermedia atau Neurospora sitophila. Sedangkan untuk oncom hitam terbuat dari campuran bungkil kacang tanah dan tepung tapioka.

Di pasaran oncom murah harganya, tetapi bahan pangan oncom  terdapat kadar protein yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi sumber pangan alternatif bagi kebutuhan gizi keluarga.

Didalam oncom selain protein juga mengandung lemak nabati, karbohidrat, kalsium, pospor, zat besi, vitamin, mineral dan juga anti oksidan. Selain itu juga oncom mengandung enzim dan serat yang tinggi sehingga membantu proses pencernaan didalam tubuh.

Di dalam proses pencernaan oncom juga bisa berfungsi sebagai probiotik yang ikut membantu menciptakan bakteri baik yang bermanfaat bagi pencernaan. Probiotik menjaga keseimbangan perkembangan bakteri usus yang akan meringankan kerja pencernaan.

Bahan oncom dimakan setelah diolah menjadi berbagai kuliner yang menggugah selera. Banyak resep menu kuliner masyarakat di Jawa Barat yang dibuat dengan berbahan oncom, seperti combro yang merupakan singkatan dari 'oncom di jero' (oncom didalam). Ada juga nasi tutug oncom berupa campuran nasi dan oncom dengan tambahan berbagai bumbu.

Oncom goreng tepung yang lezat
Oncom goreng tepung yang lezat.

Bagi yang suka kudapan sambil minum kopi bahan oncom bisa dibuat dengan campuran tepung terigu yang diberi telur, garam, daun bawang dan air. Oncom yang sudah diiris tipis-tipis dilumeri dengan adonan tepung cair tersebut dan langsung digoreng. Rasanya dijamin nagih banget.

Kudapan Combro kuliner asli Jawa Barat
Kudapan Combro kuliner asli Jawa Barat


The Indonesia Adventure