Rahasia Ikan Bakar Selera Nusantara yang Mantap dan Lezat

Kuliner Indonesia terkenal sangat bervariasi baik dari bahan baku pangan, berbagai bumbu yang tersedia, dan juga berbagai cara teknik memasak yang bermacam-macam. Hasilnya tentu menu makanan yang sangat bervariasi rasa dan kelezatannya. Wajar saja kalau kuliner Indonesia semakin banyak yang mendunia.

Ikan Bakar Gurame yang mantap dan lezat.

Salah satu cara  memasak yang membuat air liur kita deras mengucur adalah bakar ikan dengan menggunakan bara api atau juga dengan menggunakan arang di dalam sebuah anglo atau tungku pembakaran.

Sajian ikan merupakan menu yang banyak disukai tua maupun muda. Apalagi ikan yang dimasaknya dengan cara dibakar, ini bisa jadi menu andalan, apalagi saat liburan dan berkumpul bersama dengan keluarga. Moment istimewa ini tentu hidangannya juga harus istimewa.

Ikan bakar dengan rasa yang gurih dan nikmat semakin mantap disantap dengan nasi panas dan lalapan plus sambel. Menu yang sangat menggugah selera. Jangan buru-buru cari restoran untuk makan ikan bakar kita bisa coba buat sendiri, tentunya dengan rasa yang juga lezat. Soal resep dan bagaimana caranya jangan khawatir ini dia resep dan cara buatnya!

Sebetulnya cara membuat ikan bakar tidaklah terlalu sulit. Kita beruntung karena Indonesia ini kaya akan bumbu-bumbu yang bisa kita guankan  untuk membuat kuliner yang mantap, tetapi kali ini untuk membuat ikan bakar jangan terlalu repot karena bumbu-bumbunya cukup sederhana dan mudah untuk diolahnya.

Soal bahan baku ikannya bisa macam-macam ada ikan sungai atau ikan air tawar dan juga ikan laut. Lautan Nusantara kita luar biasa yang menyimpan kekayaan hayati yang luar biasa. Jadi soal ikan bisa banyak sekali ragamnya yang bisa kita konsumsi daun berprotein tinggi.

Resep ikan bakar ini bisa diolah menjadi rasa yang bermacam-nacam, bisa dibuat ikan bakar pedes gurih, rasa manis gurih atau juga dibuat asam segar gurih. Tergantung selera pembaca. Untuk kali ini TheIndonesiaAdventure.com menyajikan menu ikan bakar dengan selera pedas dan gurih yang sangat banyak penikmatnya.

Resep Ikan Bakar Selera Nusantara

Bahan utama:
Satu ekor ikan nila/gurame atau sejenisnya seukuran 1 kilogram atau secukupnya.

Bumbu-bumbu:

3 sendok tek kecap manis.
2 buah jeruk nipis.
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih.
10 buah cabai merah.
8 buah cabai rawit.
2 cm kunyit dibakar lebih dulu.
1 ruas jahe (kira-<kira seukuran jempol)
3 butir kemiri, disangrai
1/4 sendok teh lada hitam
1/2 sendok teh gula pasir.
3 helai daun jeruk purut.
4 sendok margarin (pengganti minyak kelapa/sayur).
Garam secukupnya.

Proses memasak:

Siapkan ikan gurame atau nila. Cuci dan siangi seperti biasa. Buang bagian dalamnya dan kemudian iris-iris bagian luarnya, jangan terlalu dalam agar bumbu bisa masuk dan meresap ke dalam daging ikan.

Siapkan bumbu yang harus dihaluskan, seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kunyit, kemiri, jahe, lada, daun jeruk, gula dan garam secukupnya. Bisa dihaluskan dengan ditumbuk dilumpang bisa juga dengan menggunakan blender agar tidak repot.

Setelah bumbu dihaluskan maka oleskan secara seksama keseluruh ikan secara merata, kemudian teteskan dengan jeruk nipis dan rendam ikan dalam adonan bumbu tadi, tunggu sekitar lima belas sampai setengah jam agar meresap.

Siapkan tungku atau anglo dan arang. Arang dibakar dulu diatas kompor sampai keluar bara arang ya. Letakkan arang yang sudah membara didalam tungku atau anglo. Rapihkan posisi arang agar bara dapat terus tumbuh.

Siapkan ikan ke dalam cepitan pemanggang ikan, setelah dilumuri lagi dengan bumbu halus, kemudian dilumuri margarin. Letakkan ikan yang siap panggang diatas bara arang.

Bakar Ikan, bara api harus stabil agar tidak mutung.

Agar api bara terus hidup, maka kipas-kipas terus dan jaga kesetabilan bara. Jika bara arang keluar api maka, kecilkan apinya dengan mengangkat ikan dan mengaduk arang agar apinya kecil. Setelah bara api normal letakkan lagi ikan diatas bara.

Balik ikan agar matangnya merata dan kembali oleskan bumbu dan kecap pada bagian atas ikan yang sudah terkena bara dan setengah matang.  Kembali kipas- kipas sampai bagian bawah ikan terasa wangi dan setengah matang.

Kembali balik panggangan dan oleskan bumbu dan kecap seperti semula. Kembali dibakar sambil di kipas-kipas. Pemberian bumbu berulang-ulang agar bumbu meresap sampai bagian dalam ikan.

Warna ikan bakar yang sudah matang, akan kuning seperti ini.
Warna ikan bakar yang sudah matang, akan kuning seperti ini.

Setelah matang pindahkan ikan pada piring yang lebar, kemudian disiram dengan tetesan jeruk nipis. Setelah itu siap disajikan dengan didampingi oleh selada segar dan juga kemangi plus mentimun.

The Indonesia Adventure Team Writter