Destinasi Murah Meriah di Alun-Alun Kota Batu, Jawa Timur

Wahana Bianglala di Alun-Alun Kota Batu
Anda berencana liburan ke Malang? Jangan lupa mampir ke Kota Batu yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota Batu berada di antara Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang.

Dinamakan Kota Batu karena sejarahnya ada tokoh ulama yang sangat berpengaruh dan merupakan pengikut dari Pangeran Diponegoro yang dipanggil oleh masyarakat sebagai Mbah Wastu yang memiliki julukan Kyai Gubug Angin.

Banyak permainan untuk anak-anak
Mbah Wastu tinggal dibawah kaki Gunung Panderman. Pemanggilan Mbah Wastu lebih sering diucapkan oleh masyarakat sebagai Mba Tu yang akhirnya lebih familiter menjadi Batu. Jadi Kota Batu itu bukan kotanya yang banyak batunya ya, hehehe, tetapi Kotanya Mbah Tu.

Mbah Wastu yang pertama berinisiatif melakukan babad alas (pembukaan hutan untuk tempat tinggal) di kawasan Kota Batu ini. Setelah itu banyak berdatangan warga baru dan akhirnya menjadi kampung yang ramai, sampai akhirnya menjadi sebuah kota yang manarik ini.

Kota Batu menjadi salah satu kawasan yang menjadi destinasi yang cukup banyak dikunjungi oleh traveler. Bukan cuma wisatawan domistik, wisatawan asing juga banyak yang berkunjung ke sini. Apalagi Kota Batu sangat dekat dengan Malang dan Surabaya yang menjadi tujuan sementara sebelum wisatawan asing berangkat ke Gunung Bromo.

Salah satu sudut dii taman Alun-Alun Kota Batu
Alun-alun Kota Batu tidak sekedar taman kota hijau, tetapi juga merupakan bagian dari pusat hiburan warga Kota Batu. Banyak juga ornamen seni dari simbol buah apel. Buah apel merukan buah yang menjadi komoditas andalan Kota Batu dan Malang.

Liburan disini murah meriah, seperti taman terbuka lainya tentu untuk masuk tidak perlu bayar. Gratis! Tetapi jangan salah, walaupun gratis ternyata nongkrong disini ternyata asing juga.

Kota Batu yang beriklim sejuk dan udara segar karena  masih hijau dan banyak pepohonan menjadi wilayah yang menarik untuk tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan pada masa berabad-abad yang lalu.

Daerahnya dikelilingi oleh pegunungan dan berada pada ketinggin 700 sampai 2000 meter dari
Pengunjung banyak melakukan aktifitas photo
permukaan laut.

Suhunya juga cukup sejuk berada diantara 11 - 19 derajat celcius. Pada malam hari bisa lebih dingin lagi.  Jadi kalau punya rumah disini rasanya tidak perlu repot beli AC.

Pilihan wisata di Kota Batu sangat banyak bisa dipiih untuk berkunjung ke sana, seperti Musium Angkut, Jatim Park 1, Jatim Park 2,  Jatim Park 3, Batu Secret Zoo, bagi yang suka rafting di Coban Rondo atau di Kaliwatu Rafting, Gua Pinus, Batu Night,  taman bunga di Taman Wisata Selecta, Musium D'Topeng, Paralayang Batu,  Omah Kayu Batu Malang, Kusuma Argowisata, air terjun Coban Talu, Bukit Bulu Coban Rais, Pujon Kidul, Eco Green Park, bagi yang suka berkebun di Petik Apel Bumiaji (kalau ada yang belum disebut mohon dikomentar ya..)  dan masih banyak lagi. Benar destinasi di Malang dan Khususnya di Kota Batu sangat banyak.

Masyarakatnya sangat ramah dan terbuka dengan senang hati memberikan petunjuk arah bila kita bertanya. Pemerintah Daerah-nya juga sering membuat festival dan even seni yang manerik untuk ditonton. Seperti pertunjukan wayang, tari dan seni lainnya.

Sehingga selain tempat, iklim, dan banyaknya destinasi wisata maka Kota Batu layaklah kami rekomendasikan.

Photografer : Azzahra R.

#TheIndonesiaAdventure