Segarnya Udara Hutan Pinus di Sumber Jaya, Lampung Barat

Lampung Barat bisa dibilang sebagai surganya wisata alam,  pegunungan, sungai, hutan,  pantai dengan ombak laut yang tinggi, pemandian air panas, situs sejarah  dan sebagainya. Secara fisik wilayah kabupaten yang beribukota di Liwa ini memang memiliki kontur tanah yang sangat berbeda dengan kabupaten lainnya di Lampung.  Lampung Barat juga merupakan areal  terluas yang masuk sebagai bagian dari Taman Nasional Bukit Barisan yang memiliki hutan lindung sangat luas.

Hutan Pinus Lampung Barat
Hutang Pinus tempat bersantai yang asik

Salah satu lokasi wisata alam eco turism di Lampung Barat adalah Hutan Pinus Sumber Jaya  di Lampung Barat.  Perjalanan menuju ke Hutan Pinus Sumber Jaya ini dari Kecamatan Bukit Kemuning Lampung Utara membutuhkan waktu sekitar 40 menit dengan jalan menanjak berliku. Pemandangan selama perjalanan sangat mengasikkan karena sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan gunung dan perbukitan dari ketinggian.

Sesampainya disana kita akan melihat hutan pinus yang bagi orang pada umumnya akan terasa asing karena agak jarang hutan pinus di Pulau Sumatra. Pemandangan berbeda ini akan semakin membuat kita penasaran setelah menghirup udara segar dan pemandangan hijau.

Pohon pinus yang  ada di hutan pinus Sumber Jaya ini termasuk family Pinaceae  dan klas Pinopsida.  Pinus atau disebut juga sebagai pohon tusam Sumatra. Tusam Sumatra adalah pohon pinus yang hidup dan tumbuh di Pulau Sumatra.  Pinus yang tumbuh di Sumatra berdaun jarum merupakan tumbuhan runjung (Pinophyta).
Betuk pohon pinus tinggi menjulang dengan membentuk kerucut semakin keatas semakin kerucut.

Hutan Pinus Lampung Barat
Payung yang digantung diantara pohon pinus sangat instagrammable

Akar-akan pohon ini sangat kuat dan tahan menghadapi terpaan angina tau badai.  Hutan pinus termasuk kedalam hutan tropika  pada pegunungan dan berbukitan di Indonesia. Pohon pinus lebih senang tumbuh ditempat ketinggiannya berada diatas 600m di atas permukaan laut hingga sekitar 1500m diatas permukaan laut. Pinus juga memiliki ciri yaitu batang utama silindris, lurus dan tegak. Cabang-cabang membentuk putaran yang teratur, tinggi bebas bebas cabang bisa mencapai 10-25 meter.

Getah pohon pinus ini bisa disadap untuk menghasilkan bahan baku terpentin dan gondorukem. Perum Perhutani melakukan pembibitan dan pembudidayaan di Pulau Jawa dan Sumatra, selain untuk penanaman hutan pinus industry untuk memenuhi kebutuhan terpentin dan gondorukem.

Ternyata hutan pinus yang sering kita lihat dihutan-hutan Eropa atau Benua Amerika juga ada di Lampung Barat.  Kalau yang suka dengan film-film coboy zaman dulu bisa kita lihat hutan-hutan yang ada berupa hutan pinus dan cemara.

pohon yang mengulir seperti ular
Memasuki kawasan hutan ini sudah mulai terasa dingin dan sejuk. Ada aroma hutan pinus yang khas, bisa jadi ini menjadi aroma terapi untuk penghilang stress atau akibat diputus pacar. Teduhnya pohon-pohon pinus yang rapat membuat kita asik untuk duduk-duduk sambil ngobrol-ngobrol tentang masa depan. Aroma terapi hutan pinus penghilang stress akan semakin terasa jika ada angin sepoi-sepoi yang meniupkan pohon dan dedaunan pinus.

Ecowisata Hutan Pinus di Sumber Jaya  tersebut dibudidaya  atas  kerjasama KPHL II Liwa, KPA Green, HPPHL dan Kelompok HKM yang membentuk konsorsium yang bernama West Land.  Kerjasama ini dibentuk untuk pengelolaan hutan pinus ini. Selain dengan tujuan untuk pelestarian hutan pinus, juga untuk meningkatkan pariwisata di Lampung Barat.

Di dalam area hutan pinus ini  sudah dibuat berbagai rumah pohon, pondokan-pondokan, taman dan tempat duduk yang nyaman untuk kongkow-kongkow dengan keluarga atau teman. Kita juga bisa menyewa kain ayun yang dibentangkan antara  dua pohon untuk tiduran sambil berayun. Jelas kalau kelamaan terayun di kain ayun ini kita bisa ketiduran karena udara sejuk, angin sepoi dan aroma pinus yang membuat urat syaraf kita kendur dan santai.

Hutan Pinus Lampung Barat
Salah satu pohon pinus yang cukup tinggi

Bagi Anda yang suka melakukan aksi photo di hutan pinus Sumber Jaya ini juga sudah dibuat spot-spot photo yang menarik dan instagrameble dengan background yang natural dan alami.

Untuk kaum pengopi, "ngopy pay". Ngopi ditempat dingin dengan udara yang segar mantap kalii.  Disini ada tempat pemesanan kopi hitam, kopi tubruk, kopi moca atau cappucino juga ada. Tinggal pilih. Sayang kalau suasana sangat nyaman tapi gak ngopi. Tidak komplit rasanya. Oke selamat berwisata!

Perjalanan pulang sambil menikmati tenggelamnya matahari

Photografer : Azzahra R.

#TheIndonesiaAdventure
The Indonesia Adventure Team Writter